Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/09/2023, 21:45 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comTikus adalah salah satu hama yang sering dijumpai di rumah. Hama ini bisa merusak properti dan membuat rumah menjadi kotor serta bau.

Jika tidak segera dikendalikan, tikus bisa berkembang biak dengan cepat dan semakin merusak rumah. Tikus bisa dimusnahkan dengan memberikan racun.

Namun, racun tikus cukup berbahaya untuk lingkungan, terlebih jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah. Akan tetapi, saat ini ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai racun tikus.

Baca juga: 7 Racun Tikus Alami di Rumah, Bisa Pakai Bumbu Dapur

Dilansir dari Lake Norman Pest Control, Sabtu (30/9/2023), berikut ini beberapa racun tikus alami yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Peppermint

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengendalikan hama tikus di rumah yaitu peppermint. Tikus memiliki indra penciuman yang tajam, aroma peppermint yang segar ternyata kurang disukai tikus.

Ilustrasi tikus di dapur.Shutterstock/torook Ilustrasi tikus di dapur.

Untuk membuat racun tikus dari peppermint, Anda perlu menambahkan 25 sampai 30 tetes minyak esensial peppermint ke bola kapas. Kemudian, tempatkan di area yang sering dilalui tikus. Paru-paru tikus akan mengecil saat terkena minyak esensial ini dan membuat tikus mati.

Lada hitam

Selain peppermint, racun tikus alami juga bisa dibuat dari lada hitam. Bumbu dapur ini juga memiliki aroma tajam dan tidak disukai tikus.

Hama tikus akan mengalami gangguan pernapasan saat mencium aroma menyengat dari lada hitam.

Baca juga: Cara Membuat Racun Tikus Alami dari Singkong dan Air Kelapa

Bawang bombay

Bawang bombay merupakan salah satu bumbu masakan yang dapat membuat rasa makanan semakin sedap. Namun, bumbu dapur ini ternyata tidak disukai tikus.

Aroma yang menyengat membuat tikus merasa terganggu. Cara mengendalikan tikus menggunakan bawang bombay yaitu cukup potong-potong bawang bombay kemudian letakkan di area yang sering dilalui tikus. Agar efektif, bawang bombay perlu diganti setiap hari.

Soda kue

Biasanya soda kue digunakan untuk membersihkan rumah maupun perlengkapan rumah tangga. Namun ternyata, soda kue memiliki fungsi lain yaitu sebagai racun tikus.

Cara membuat racun tikus alami dari soda kue yaitu cukup campurkan tepung terigu, gula pasir, dan soda kue. Kemudian, isi toples dengan racikan racun tikus tersebut dan letakkan di dekat sarang tikus.

Baca juga: Cara Membuat Racun Tikus Organik dari Umbi Gadung

Cara mencegah tikus masuk ke rumah

Selain melakukan pengendalian menggunakan racun tikus alami, Anda juga perlu melakukan pencegahan agar tikus tidak masuk ke rumah. Berikut beberapa cara mencegah tikus masuk rumah dengan mudah.

Ilustrasi tikus di dapur.Shutterstock/torook Ilustrasi tikus di dapur.

  • Rutin membersihkan rumah

Langkah termudah yang bisa dilakukan agar tikus tidak masuk ke dalam rumah yaitu dengan rutin membersihkan area rumah.

Rumah yang bersih membuat tikus kurang tertarik untuk masuk. Maka dari itu, rutinlah untuk membersihkan rumah bagian luar dan dalam setiap hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com