Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengusir Tikus Pakai Cengkeh, Mudah Dilakukan

Kompas.com - 13/08/2023, 18:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus adalah hama dirumah yang harus segera dibasmi. Sebab, infestasi tikus dapat menjadi masalah besar, oleh karena itu Anda harus bertindak cepat untuk mengatasi masalah tersebut sebelum menjadi tidak terkendali.

Saat melihat tikus, banyak orang langsung menggunakan metode tradisional, seperti jebakan dan/atau racun. Namun, ada cara mengusir tikus secara alami, yakni menggunakan cengkeh.

Dikutip dari Pest Pointers, Minggu (13/8/2023), cengkeh atau cengkih mengandung zat bernama eugenol yang memiliki bau yang cukup unik dan menyengat. Aroma ini diyakini tidak menarik bagi tikus.

Baca juga: Amankah Kucing Memakan Tikus?

Ilustrasi tikus di rumah. SHUTTERSTOCK/KSENIIA VLADIMIROVNA Ilustrasi tikus di rumah.

Eugenol dalam cengkeh cukup ampuh untuk menutupi aroma makanan yang diincar tikus, membuat tikus sulit menemukan jalan ke dapur.

Tikus membenci bau cengkeh

Tikus tidak tahan dengan bau cengkeh. Ini karena cengkeh mengandung eugenol, senyawa aromatik kuat yang menguasai sistem penciuman tikus yang sensitif.

Tikus mengandalkan indra penciumannya yang kuat untuk bernavigasi, berkomunikasi, dan mencari makanan, sehingga aroma yang kuat seperti cengkih dapat menyebabkan mereka tertekan.

Cengkeh memiliki sifat penolak alami, menciptakan batas bau yang tidak menyenangkan bagi tikus. Tikus tidak hanya membenci aroma cengkeh, tetapi juga menutupi bau lain yang mungkin menarik tikus ke rumah.

Baca juga: Cara Mengusir Tikus Pakai Aluminium Foil

Kebingungan ini membuat tikus menjauh, menjadikannya penghalang yang efektif terhadap gangguan tikus di rumah.

Tapi ingat, menggunakan cengkeh untuk mengusir dan mencegah tikus paling baik jika digunakan bersama dengan metode lain dan tindakan pencegahan, seperti menyegel titik masuk dan menjaga kebersihan lingkungan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com