Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengusir Tikus Pakai Cengkeh, Mudah Dilakukan

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus adalah hama dirumah yang harus segera dibasmi. Sebab, infestasi tikus dapat menjadi masalah besar, oleh karena itu Anda harus bertindak cepat untuk mengatasi masalah tersebut sebelum menjadi tidak terkendali.

Saat melihat tikus, banyak orang langsung menggunakan metode tradisional, seperti jebakan dan/atau racun. Namun, ada cara mengusir tikus secara alami, yakni menggunakan cengkeh.

Dikutip dari Pest Pointers, Minggu (13/8/2023), cengkeh atau cengkih mengandung zat bernama eugenol yang memiliki bau yang cukup unik dan menyengat. Aroma ini diyakini tidak menarik bagi tikus.

Eugenol dalam cengkeh cukup ampuh untuk menutupi aroma makanan yang diincar tikus, membuat tikus sulit menemukan jalan ke dapur.

Tikus membenci bau cengkeh

Tikus tidak tahan dengan bau cengkeh. Ini karena cengkeh mengandung eugenol, senyawa aromatik kuat yang menguasai sistem penciuman tikus yang sensitif.

Tikus mengandalkan indra penciumannya yang kuat untuk bernavigasi, berkomunikasi, dan mencari makanan, sehingga aroma yang kuat seperti cengkih dapat menyebabkan mereka tertekan.

Cengkeh memiliki sifat penolak alami, menciptakan batas bau yang tidak menyenangkan bagi tikus. Tikus tidak hanya membenci aroma cengkeh, tetapi juga menutupi bau lain yang mungkin menarik tikus ke rumah.

Kebingungan ini membuat tikus menjauh, menjadikannya penghalang yang efektif terhadap gangguan tikus di rumah.

Tapi ingat, menggunakan cengkeh untuk mengusir dan mencegah tikus paling baik jika digunakan bersama dengan metode lain dan tindakan pencegahan, seperti menyegel titik masuk dan menjaga kebersihan lingkungan.

Pendekatan seperti itu memaksimalkan peluang Anda untuk menjauhkan tikus dari rumah.

Cara mengusir tikus pakai cengkeh

Berikut beberapa cara menggunakan cengkeh untuk mengusir tikus.

1. Gunakan cengkeh utuh

Meletakkan cengkeh utuh secara strategis di area bermasalah di rumah dapat mencegah masuknya tikus. Beberapa tempat populer untuk menempatkan cengkeh antara lain sudut kabinet dapur, meja dapur, di belakang peralatan, dan di dekat pilar.

Namun, perlu diingat bahwa kesegaran adalah kuncinya. Pastikan untuk mengganti cengkeh secara berkala untuk mempertahankan potensinya.

Agar minyak cengkeh berfungsi sebagai pengusir tikus, ikuti langkah-langkah sederhana berikut.

Encerkan minyak cengkeh dengan minyak pembawa atau air. Rendam bola kapas atau lembaran kain dalam larutan tersebut.

Tempatkan secara strategis di tempat Anda melihat aktivitas tikus. Aroma minyak cengkeh yang menyengat akan membuat tikus menjauh.

Jangan lupa untuk menerapkan kembali larutan atau mengganti kapas atau kain secara teratur untuk menjamin keefektifan yang berkelanjutan.

Keuntungan menggunakan cengkeh untuk mengusir tikus

Cengkeh yang mengandung eugenol adalah pengusir tikus alami yang dapat digunakan di dalam rumah. Aroma yang kuat dari minyak cengkeh ternyata dapat mengusir tikus, sehingga menjaga rumah bebas dari hama itu.

Sebagai bonus, semut juga bisa dihalangi oleh cengkeh.

Dengan menggunakan cengkih, Anda memilih solusi yang tidak beracun dan manusiawi untuk mengusir tikus. Tidak perlu menggunakan bahan kimia berbahaya atau perangkap berisiko.

Selain itu, cengkeh memiliki aroma yang menyenangkan bagi manusia, bahkan dapat menyegarkan ruangan.

Agar tikus tidak masuk, letakkan cengkeh utuh, cengkih kering, atau piring yang berisi minyak cengkeh secara strategis di sekeliling rumah, di dekat titik masuk, di lemari dapur, di belakang peralatan, atau di dalam laci.

Perlu diingat bahwa potensi cengkeh pada akhirnya akan memudar, jadi pastikan untuk menggantinya secara teratur untuk hasil terbaik.

Kekurangan menggunakan cengkeh untuk mengusir tikus

Meskipun cengkeh memiliki banyak manfaat, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Salah satu masalah yang dihadapi adalah cengkeh mungkin tidak efektif untuk infestasi berat.

Dalam kasus seperti itu, solusi terbaik adalah menggabungkan cengkeh dengan penolak tikus lainnya. Selain itu, ingatlah bahwa aromanya yang kuat mungkin bukan favorit semua orang.

Beberapa orang mungkin menganggap aroma minyak cengkeh terlalu berlebihan atau bahkan membuat iritasi, jadi pastikan untuk mengujinya dalam jumlah kecil terlebih dahulu untuk memastikannya sesuai dengan preferensi Anda.

Singkatnya, cengkeh bisa menjadi metode yang sederhana dan efektif untuk menjauhkan tikus dari rumah. Namun, mengevaluasi situasi spesifik Anda dan tingkat keparahan serangan sangat penting untuk memutuskan apakah cengkeh adalah solusi untuk mengusir tikus.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/13/182200176/cara-mengusir-tikus-pakai-cengkeh-mudah-dilakukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke