Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membasmi Tikus di Rumah agar Tidak Kembali Lagi

Kompas.com - 16/07/2023, 22:20 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam buku cerita anak dan serial kartun, tikus digambarkan sangat menggemaskan dan terlihat lucu berlarian.

Namun, cerita ini akan sangat berbeda jika Anda melihat seekor tikus berlari di lantai rumah. Keberadaan tikus di rumah menjadi hama yang menjijikan dan paling tidak diharapkan rumah mana pun. 

Baca juga: 6 Hal yang Disukai Tikus di Rumah, Makanan hingga Tempat Sampah

Pasalnya, tikus tak hanya mengganggu, tapi juga menyebabkan kerusakan pada rumah lantaran mengunyah kabel dan insulasi, menyebarkan penyakit, serta mencemari makanan melalui kotorannya.

Dalam sebuah survei terbaru terhadap 1.000 orang Amerika oleh perusahaan pembasmi hama, Western Exterminator, 81 persen orang mengatakan mereka merasa bersalah jika ada tikus di rumah dan 90 persen tidak akan mengundang teman terdekat apabila ada tikus berkeliaran di rumah.

Tanda adanya tikus di rumah

Ilustrasi tikus menggigit kabel. SHUTTERSTOCK/TOROOK Ilustrasi tikus menggigit kabel.

Mengetahui adanya tikus di rumah sebetulnya mudah dilakukan. Dilansir dari Apartment Therapy, Minggu (16/7/2023), berikut sejumlah tanda adanya tikus di rumah

  • Adanya kotoran tikus.
  • Aroma urine.
  • Bungkus makanan atau benda yang sudah dikunyah. 
  • Sobekan kertas.  

Baca juga: 10 Manfaat Tanah Diatom untuk Tanaman, Usir Tikus hingga Kutu Daun

Cara membasmi tikus di rumah sejak awal

Jika ingin mengusir tikus di rumah, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah proaktif dalam melakukan perbaikan rumah.

"Pastikan rumah aman tanpa celah, jalan masuk, atau titik akses bagi tikus, terutama saat suhu di luar mendingin dan tikus mulai mencari tempat hangat untuk bersembunyi," ucap Nalyanya.

Itu berarti Anda harus memasang penyapu pintu di pintu eksterior, memastikan tidak ada ruang antara lantai dan pintu garasi serta memeriksa celah di sekitar pipa dan kabel yang masuk ke rumah Anda dari luar.

Tikus dapat masuk melalui lubang terkecil, jadi waspadalah. Tutup semua lubang yang lebih besar dengan sabut baja karena tikus tidak bisa mengunyahnya.

Lansekap yang rapi juga bisa membuat perbedaan. Jika tikus berada di semak-semak yang tumbuh di sisi rumah atau puing-puing halaman yang menumpuk di sepanjang fondasi Anda, ada kemungkinan besar tikus akan mudah menemukan jalan masuk ke dalam.  

Baca juga: Minyak Peppermint Ampuh Membasmi Tikus di Rumah, Betulkah?

Cara membasmi tikus di rumah dengan cepat setelah masuk 

Ilustrasi tikus menggigit kabel listrik. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi tikus menggigit kabel listrik.
Begitu tikus berhasil masuk ke rumah, segera lakukan tindakan, terutama di dapur yang menyediakan makanan yang menggiurkan.

Pasang perangkap, tutup makanan kering dalam wadah kedap udara yang tidak bisa dikunyah, dan bersihkan semua yang berantakan.

Buang tumpukan majalah dan lantai atau menyumbangkannya. Sebab, tikus suka mengunyah benda-benda semacam itu untuk membuat sarang.

Jika tikus berada di dinding dan Anda tidak tahu bagaimana mereka bisa masuk ke sana, Anda mungkin harus mengebor sebuah lubang kecil dan memancingnya dengan umpan. 

Baca juga: Kenapa Tikus Menggigit Kabel? Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

Bagaimana membasmi tikus di rumah secara alami?

Lewati saja pengobatan rumahan alami dan pengusir tikus seperti minyak peppermint dan bawang putih. Nalyanya mengatakan cara-cara tersebut tidak akan berhasil, bahkan mungkin akan memperpanjang serangan tikus karena tidak segera memanggil bantuan profesional.

Jika mencari cara membasmi tikus dengan alami, melakukan pemeliharaan rumah dan halaman secara menyeluruh. 

Anda bisa mencoba perangkap manusiawi yang akan menutup setelah tikus masuk dan menjaganya tetap hidup dengan umpan dan lubang udara yang bagus.

Lepaskan tikus ke alam liar untuk hidup, cukup membawanya cukup jauh sehingga mereka tidak dapat dengan mudah menemukan jalan kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com