Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Langkah Sederhana Merapikan Meja Nakas Kamar Tidur

Kompas.com - 16/07/2023, 13:13 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Meja nakas atau meja samping tempat tidur adalah salah satu furnitur penting di kamar tidur.

Selain fungsional, tampilan meja nakas dapat mempengaruhi suasana di ruangan. Untuk membantu membuat kamar tidur terasa nyaman dan menenangkan, menjaga meja nakas tetap rapi merupakan hal penting.

Baca juga: 7 Benda yang Harus Ada di Meja Nakas Samping Tempat Tidur

Namun, meja nakas bisa berantakan dengan cepat. Untuk itu, perlu menerapkan langkah yang tepat untuk menata dan merapikan meja nakas.

Dikutip dari Living Etc, Minggu (16/7/2023), berikut langkah sederhana merapikan meja nakas kamar tidur.

Mulai dari mengosongkan meja

Ilustrasi meja nakas, meja samping tempat tidur. PEXELS/CURTIS ADAMS Ilustrasi meja nakas, meja samping tempat tidur.
Singkirkan semua yang ada di meja nakas dan beri diri Anda ruang untuk benar-benar mempertimbangkan apa yang dibutuhkan dan inginkan di area tersebut.

Desainer interior Nina Magon mengatakan mulailah dengan decluttering dan hanya menyimpan barang-barang penting.

Ia menyarankan menyingkirkan semua barang yang tidak perlu atau dekorasi berlebihan yang dapat menciptakan kekacauan visual.

Sementara itu, Todd Raymond, principal firma desain interior Studio Todd Raymond mengatakan menggunakan lebih sedikit barang dapat menjaga dekorasi di meja nakas tetap minimal dan sederhana. 

“Kami merasa ruang ini sangat pribadi dan biasanya melibatkan klien untuk menggunakannya sesuai kebutuhan mereka sendiri dengan campuran barang yang bergilir setiap hari seperti buku, kacamata baca, anting-anting,” katanya.

Untuk mengakomodasi hal tersebut, pihaknya menyediakan nampan berukuran sedang yang dapat menampung gelas dan perhiasan.

Baca juga: Decluttering, Teknik Merapikan Rumah yang Berantakan

Pertimbangkan apakah meja nakas cocok untuk Anda

Laci meja nakas terkadang berantakan dan penuh dengan kabel. Dalam hal ini, cobalah menghindari hal tersebut dengan membeli meja nakas sederhana tanpa laci yang dapat mencegah Anda menyembunyikan barang-barang yang tidak terlihat serta tidak terpikirkan di dalam laci. 

Selain itu, memiliki laci yang tertata baik, tapi membutuhkan tempat penyimpanan ekstra. Dalam hal ini, meja nakas terbaik adalah meja dengan laci-laci penyimpanan praktis.

Pikirkan juga penampilan meja nakas dan jangan memilih sesuatu yang terlalu rumit. “Memilih meja nakas dengan garis-garis sederhana dan ramping serta perangkat keras yang minimal akan membantu menjaga ruang tetap rapi,” kata Nina.

Baca juga: Cara Membuat Meja Nakas Selalu Rapi dan Teratur

Menyembunyikan kabel

Ilustrasi tempat tidur, meja nakas di samping tempat tidur, sandaran tempat tidur.PIXABAY/PETER WEIDEMAN Ilustrasi tempat tidur, meja nakas di samping tempat tidur, sandaran tempat tidur.
Meja nakas tak jarang menjadi tempat berkumpulnya soket dan peralatan eletkronik sehingga sering kali menjadi berantakan.

Pertimbangkan berinvestasi pada klip kabel. Dengan bagian belakang yang lengket, Anda bisa menempelkannya dengan kuat di bagian belakang meja nakas sehingga tidak terlihat. Hal ini membantu meja nakas menghadirkan kamar tidur yang santai. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com