Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Alasan Kucing Melompat ke Meja Dapur dan Cara Menghentikannya

Kompas.com - 16/07/2023, 09:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa kucing menyukai berada di tempat ketinggian, termasuk meja dapur.

Namun, membiarkan kucing melompat ke meja dapur bukan hal baik karena menimbulkan sejumlah masalah.  

Baca juga: 6 Alasan Kucing Berguling-guling di Lantai

Mulai dari, melukai dirinya sendiri saat berjalan di atas kompor panas, terpeleset, memakan makanan yang beracun, hingga membuat makanan di meja dapur terkontaminasi bakteri. 

Namun, perilaku kucing melompat ke meja dapur juga dapat menimbulkan bahaya bagi manusia seperti terkena bakteri.

Misalnya, kucing melompat ke meja dapur setelah menggunakan kotak pasir sehingga menyebarkan bakteri ke seluruh area tempat makanan disiapkan.

Mengapa kucing melompat ke meja dapur?

Ilustrasi kucing berada di meja dapur.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi kucing berada di meja dapur.
Meja dapur menarik perhatian kucing. Dilansir dari The Spruce Pets, Minggu (16/7/2023), berikut alasan kucing melompat ke meja dapur

Kucing menyukai ketinggian: Meja dapur cukup tinggi sehingga sebagian besar kucing dapat melompat dari tanah atau mendapatkan bantuan dari kursi yang diposisikan dengan baik. 

Meja dapur berbau harum: Meja dapur sering kali dipenuhi makanan yang menggoda untuk dimakan, seperti potongan ayam mentah, daging giling, atau sisa makanan kemarin yang siap dihangatkan.

Meja dapur yang tidak dibersihkan dengan baik juga bisa menjadi tempat remah-remah dan tumpahan makanan yang membuat kucing melompat ke meja dapur. 

Baca juga: 6 Penyebab Kucing Menggigit Kabel Listrik dan Cara Menghentikannya

Kucing menyukai air segar yang mengalir: Beberapa kucing juga tertarik pada air yang mengalir di wastafel dapur. Bagi banyak kucing, ini adalah sumber air minum utama mereka.

Meski wastafel dapur mungkin lebih bersih daripada toilet, tapi ada alternatif yang lebih baik untuk kucing.

Kucing selalu ingin tahu: Kita semua tahu pepatah lama tentang rasa ingin tahu dan kucing. Ini menjadi alasan kucing melompat ke meja dapur. Namun, sebenarnya, rasa ingin tahu kucing adalah tanda kecerdasan.

Ketika harus melakukan lompatan balik, banyak kucing yang mencari jawaban. Khususnya bagi kucing yang hanya berada di dalam ruangan, meja dapur menyediakan area baru, seperti bau dan suara, untuk dijelajahi.  

Baca juga: 8 Ras Kucing Paling Kuno, Ada yang Telah Dibiakkan Sejak 4.000 Tahun

Cara menghentikan kucing melompat ke meja dapur 

Ilustrasi kucing berada di meja dapur.Shutterstock/Olga Pilnik Ilustrasi kucing berada di meja dapur.
Menggunakan beberapa teknik pelatihan akan mendorong kucing berhenti berada di meja dapur. Teknik-teknik ini telah terbukti berhasil, tetapi Anda harus menjaga konsistensi jika  ingin kucing peliharaan turun dan menjauhi meja dapur.

Cobalah metode paling cocok untuk situasi Anda dan paling direspon positif oleh kucing peliharaan. Berikut cara menghentikan kucing melompat ke meja dapur

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com