Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ragam Alasan Kucing Melompat ke Meja Dapur dan Cara Menghentikannya

Namun, membiarkan kucing melompat ke meja dapur bukan hal baik karena menimbulkan sejumlah masalah.  

Mulai dari, melukai dirinya sendiri saat berjalan di atas kompor panas, terpeleset, memakan makanan yang beracun, hingga membuat makanan di meja dapur terkontaminasi bakteri. 

Namun, perilaku kucing melompat ke meja dapur juga dapat menimbulkan bahaya bagi manusia seperti terkena bakteri.

Misalnya, kucing melompat ke meja dapur setelah menggunakan kotak pasir sehingga menyebarkan bakteri ke seluruh area tempat makanan disiapkan.

Kucing menyukai ketinggian: Meja dapur cukup tinggi sehingga sebagian besar kucing dapat melompat dari tanah atau mendapatkan bantuan dari kursi yang diposisikan dengan baik. 

Meja dapur berbau harum: Meja dapur sering kali dipenuhi makanan yang menggoda untuk dimakan, seperti potongan ayam mentah, daging giling, atau sisa makanan kemarin yang siap dihangatkan.

Meja dapur yang tidak dibersihkan dengan baik juga bisa menjadi tempat remah-remah dan tumpahan makanan yang membuat kucing melompat ke meja dapur. 

Kucing menyukai air segar yang mengalir: Beberapa kucing juga tertarik pada air yang mengalir di wastafel dapur. Bagi banyak kucing, ini adalah sumber air minum utama mereka.

Meski wastafel dapur mungkin lebih bersih daripada toilet, tapi ada alternatif yang lebih baik untuk kucing.

Kucing selalu ingin tahu: Kita semua tahu pepatah lama tentang rasa ingin tahu dan kucing. Ini menjadi alasan kucing melompat ke meja dapur. Namun, sebenarnya, rasa ingin tahu kucing adalah tanda kecerdasan.

Ketika harus melakukan lompatan balik, banyak kucing yang mencari jawaban. Khususnya bagi kucing yang hanya berada di dalam ruangan, meja dapur menyediakan area baru, seperti bau dan suara, untuk dijelajahi.  

Cobalah metode paling cocok untuk situasi Anda dan paling direspon positif oleh kucing peliharaan. Berikut cara menghentikan kucing melompat ke meja dapur: 

1. Tempelkan selotip di tepi meja karena ucing tidak menyukai selotip. Jadi, begitu kucing merasakan selotip di tepi meja, mereka enggan melompat ke atasnya setelah satu atau dua kali mencoba.

Namun, kerugian dari metode ini Anda harus terus menempelkan selotip tanpa batas waktu dan perekatnya mungkin sulit dibersihkan setelahnya. 

Selain itu, kucing bisa saja mengakali Anda dan menemukan cara naik ke atas meja dengan menghindari tepiannya.

2. Tempelkan selembar aluminium foil berkerut di sepanjang meja. Bukan hanya rasa kertas timah pada jari-jari kaki mereka, tetapi juga suara bisingnya yang membuat kucing jera.

Namun, cara menghentikan kucing melompat ke meja dapur ini dapat mengganggu cara Anda menggunakan meja dan boros.

Selain itu, menempatkan loyang di atas meja sehingga mengeluarkan suara keras saat kucing melompati loyang, juga bisa berhasil.

3. Selanjutnya, cara menghentikan kucing melompat ke meja dapur adalah menggunakan pelatihan clicker. Kucing akan merespons lebih baik terhadap penguatan positif daripada hukuman. 

Setelah melompat, pasangkan hadiah tersebut dengan clicker yang mengeluarkan suara. Pada akhirnya, kucing akan mengasosiasikan clicker dengan hadiah dan dapat digunakan dmemikat kucing sahabat bulu turun dari meja. 

4. Jika kucing hanya bisa naik ke atas meja makan dengan bantuan kursi, pindahkan kursi dan hilangkan pendorongnya.

5. Pohon panjat atau menara kucing juga dapat menjadi cara menghentikan kucing melompat ke meja dapur atau menaiki temapt tinggi. Buatlah cukup menarik untuk menarik perhatian kucing danmenyembunyikan camilan lezat di puncaknya. 

Belai dan puji kucing saat ia menggunakan pohon panjat sehingga akan mengasosiasikan perabot kucing yang baru dengan perasaan positif.

6. Terakhir, cara menghentikan kucing melompat ke meja dapur adalah menjaga kebersihan meja. Singkirkan beberapa godaan dengan tidak meninggalkan makanan, remah-remah, atau camilan lain di atas meja yang dapat menarik perhatian kucing.

Cobalah mengelapnya setiap selesai makan atau setidaknya sekali sehari untuk memastikan meja makan tetap bersih dari apa pun yang dapat menyerupai camilan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/16/093000776/ragam-alasan-kucing-melompat-ke-meja-dapur-dan-cara-menghentikannya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke