Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Harus Diperhatikan dari Meja Nakas di Kamar Tidur

Kompas.com - 12/11/2022, 11:36 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam menerapkan feng shui di kamar tidur, kenyamanan dan keseimbangan menjadi hal yang penting diperhatikan. 

Keduanya dapat dicapai dengan memilih meja nakas samping tempat tidur. Namun, kebersihan dan perawatan meja nakas juga perlu diperhatikan. 

Baca juga: Cara Membuat Meja Nakas Selalu Rapi dan Teratur

Priya Sher, pakar feng shui yang berbasis di London, Inggris, mengatakan meja yang berantakan mewakili pikiran yang berantakan. Dengan menjaga meja dan ruang tetap rapi, dapat mengurangi tekanan pada pikiran.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dari meja nakas menurut feng shui dilansir dari Well and Good, Sabtu (12/11/2022).  

Pilih meja yang tepat

Ilustrasi meja nakas di samping tempat tidur.PEXELS/MAX VAKHTBOVYCH Ilustrasi meja nakas di samping tempat tidur.
Marianne Gordon, pakar feng shui yang berbasis di Paris dan Los Angeles. Amerika Serikat, mengatakan dalam feng shui, meja nakas harus memiliki sudut yang bulat dan lebih rendah dari ketinggian bagian atas kasur Anda. 

Apabila memiliki meja nakas persegi atau persegi panjang, pastikan sudutnya tidak tajam atau mengarah ke wajah, yang dapat membuat panah beracun atau dapat memberikan energi buruk. 

Baca juga: Simak, Tinggi Meja Nakas yang Ideal untuk Kamar Tidur 

Singkirkan kekacauan

Meja nakas yang berantakan sama dengan pikiran yang kacau. Meja samping tempat tidur harus benar-benar bersih dari penyebab stres, seperti makanan, elektronik, pakaian, atau benda acak lainnya.

"Hal terakhir yang Anda lihat sebelum mematikan lampu harus menjadi pemandangan yang damai dan meyakinkan," kata Gordon.

Ketika malam hari, Anda mempersiapkan tubuh dan otak beregenerasi. Dengan merapikan meja samping tempat tidur, dapat membuat rutinitas waktu tidur menjadi damai serta tenang. 

Baca juga: 7 Barang yang Perlu Diletakkan di Meja Nakas 

Gunakan nakas berlaci

Ilustrasi tempat tidur. PIXABAY/PETER WEIDEMAN Ilustrasi tempat tidur.
Buku dan botol air minum terkadang membantu tertidur, tetapi tidak terlalu bagus dilihat. Untuk itu, simpan semuanya dalam laci.

"Anda harus selalu memiliki penyimpanan di meja nakas sehingga dapat menyimpan kebutuhan yang paling tidak menarik (seperti tisu, kaus kaki, atau penyumbat telinga)," ucap Gordon. 

Pastikan ponsel juga harus masuk ke sana agar tidak mengganggu waktu tidur.  

Baca juga: Perlukah Memiliki Meja Nakas di Samping Tempat Tidur?

Tambahkan bunga anggrek 

Meski memberi keindahan, vas bunga harus dijauhkan dari tempat tidur. Sher menyarankan menyimpan setidaknya sat tanaman di dekat meja nakasa seperti anggrek merah muda atau ungu.

“Anggrek ideal untuk kamar tidur karena menghasilkan oksigen pada malam hari,” jelasnya.

Tentu saja, ini mendukung kesehatan dan energi serta hanya memerlukan penyiraman seminggu sekali, jadi hampir tidak mudah mati. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com