Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengatur Kamar Tidur Kecil agar Tampak Lebih Luas

Kompas.com - 07/11/2022, 21:35 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur menjadi area favorit di rumah untuk bersantai dan menenangkan diri.

Namun, beristirahat di kamar tidur kecil terasa kurang nyaman lantaran terbatasnya ruang, ditambah bila terdapat kekacauan. Tentu saja, kekacauan dapat membuat kamar tidur kecil semakin sempit. 

Baca juga: 5 Cara Mengatur Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengatur furnitur hingga dekorasi dengan tepat agar membuat ruangan lebih besar. 

Dilansir dari Martha Stewart, Senin (7/11/2022), berikut cara mengatur kamar tidur kecil agar tampak lebih besar.  

Pilih furnitur dengan ruang penyimpanan 

Ilustrasi kamar tidur kecil. Shutterstock/PHOTOCREO Michal Bednarek Ilustrasi kamar tidur kecil.
Hal tersulit menjaga kamar tidur kecil tetap teratur adalah mencari tahu di mana harus meletakkan semua barang.

Ada beberapa cara memaksimalkan ruang untuk pakaian, aksesori, dan barang-barang pribadi lainnya. Anda dapat menggunakan tempat tidur dengan ruang penyimpanan di rangkanya atau meletakkan beberapa penyimpanan di bawah tempat tidur.

 

Baca juga: 3 Keuntungan Menggunakan Warna Cat Gelap di Kamar Tidur  

Charger ponsel, kwitansi penting, uang receh—ini semua bisa membuat kamar tidur kecil terlihat berantakan saat dibiarkan di tempat terbuka. Maksimalkan ruang untuk barang-barang ini dengan memilih meja nakas beserta laci.

"Ini membuat potongan multi-fungsi hebat yang dapat menggantikan meja rias ketika tidak memiliki banyak rekaman persegi," kata Kerrie Kelly, Direktur Kreatif Kerrie Kelly Design Lab.

Ciptakan ilusi lebih banyak ruang 

Selain metode lebih jelas, seperti perampingan dan optimalisasi sistem penyimpanan, Anda juga dapat memberikan ilusi lebih banyak ruang dengan menambahkan cermin.

Tambahkan cermin di seluruh ruangan untuk membuatnya tampak lebih besar. Cobalah menempatkan cermin di seberang jendela guna memantulkan cahaya alami dan di atas nakas untuk memberi kesan jendela tambahan. 

Baca juga: 6 Ide Mendesain Kamar Tidur Bayi yang Aman dan Ramah Lingkungan 

Pilih furnitur lebih kecil

Ilustrasi ide penempatan kursi ottoman di kamar tidur, yakni di kaki tempat tidur. UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi ide penempatan kursi ottoman di kamar tidur, yakni di kaki tempat tidur.
Memilih furnitur kecil selalu membantu ketika menjaga area kecil terlihat lebih luas. Banyak merek furnitur menawarkan tempat tidur dan meja rias berukuran untuk apartemen yang memanfaatkan tapak lebih kecil.

Simpan pakaian di lemari

Bila memiliki cukup ruang di lemari, sebaiknya menggantung pakaian daripada melipatnya. Lemari dan furnitur built-in menghemat inci berharga secara mendalam dibanding perabotan individu seperti meja rias serta furnitur lainnya.  

Baca juga: 7 Kesalahan Dekorasi yang Membuat Kamar Tidur Tampak Kecil

Tata dengan simetris

Menata ruangan dengan perabotan simetris akan membuatnya terasa lebih rapi. Salah satu cara termudah melakukannya adalah menempatkan tempat tidur di tengah kamar tidur.

Jika harus menempatkan satu sisi tempat tidur ke dinding karena masalah ruang, coba seimbangkan sisi lain ruangan dengan meja atau meja rias.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com