Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/11/2022, 20:23 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pilihan warna cat dinding tanpa disadari dapat berdampak pada suasana hati dan perilaku seseorang.

Misalnya, warna cat terang dapat meningkatkan semangat dan perasaan senang. Sebaliknya, nada gelap memberikan perasaan murung serta sulit berkonsentrasi. 

Baca juga: Ide Pencahayaan Ruang Kerja agar Meningkatkan Konsentrasi

Karena itu, memilih warna cat tidak boleh dilakukan asal dan hanya berpegang pada prefensi atau kesukaan. Warna cat harus disesukaikan dengan tujuan ruangan serta kebutuhan Anda.

Contohnya, warna cat di ruang kerja tentu berbeda dengan ruang keluarga juga kamar tidur. Untuk ruang kerja, lingkungan yang dirancang dengan baik, termasuk warna cat, dapat mendorong konsentrasi, memori, dan kinerja keseluruhan yang lebih baik. 

Lantas, warna cat apa yang cocok untuk di ruang kerja? 

Dikutip dari Home and Decor, Senin (7/11/2022), berikut beberapa warna cat yang cocok diaplikasikan di ruang kerja.  

Baca juga: Catat, 5 Barang Ini Perlu Dimiliki di Ruang Kerja Rumah 

Hijau

Ilustrasi ruang kerja dengan warna cat hijau. Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi ruang kerja dengan warna cat hijau.
Hijau dipahami sebagai warna paling tenang dan santai untuk dilihat mata manusia serta bayangannya juga membantu meningkatkan penglihatan, stabilitas, dan daya tahan.

Seperti dibuktikan oleh alam, hijau, cokelat, dan netral saling melengkapi dengan indah. Palet ini memancarkan rasa ketenangan, membantu menciptakan lingkungan yang tenang, dan membantu produktivitas bekerja.

Baca juga: 4 Cara Membuat Ruang Kerja yang Nyaman dan Tenang di Rumah Kecil 

Merah

Merah dapat meningkatkan konsentrasi dan kesadaran. Faktanya, penelitian terhadap mahasiswa mengungkapkan bahwa kecepatan reaksi mereka meningkat sebesar 12 persen ketika mereka berada di ruangan yang diterangi lampu merah.

Dalam eksperimen lain, orang yang melakukan tugas dengan kata-kata atau gambar dengan latar belakang merah lebih baik dalam tes ingatan dan perhatian terhadap detail.

Artinya, mengecat ruangan dengan warna merah dapat membantu lebih produktif serta merangsang semangat.

Namun, bila merasa merah terlalu keras di ruangan, coba menggunakannya sebagai warna aksen atau aksesori seperti hiasan dinding, bantal, atau karpet.

Baca juga: 3 Cara Mendesain Ruang Kerja yang Nyaman dengan Anggaran Terbatas  

Biru

Ilustrasi ruang kerja di bawah tangga.Unsplash/collovhome Ilustrasi ruang kerja di bawah tangga.
Jika cenderung merasa stres saat bekerja atau ujian, cobalah menghadirkan rasa tenang di ruang belajar dengan memilih satu atau dua warna biru yang lebih terang dari ruangan lainnya. 

Mewakili langit dan laut, biru dikaitkan dengan kebebasan, imajinasi, serta inspirasi. Biru juga meminta istirahat dan menyebabkan tubuh memproduksi bahan kimia yang menenangkan serta membantu keseimbangan dan ekspresi diri.

Biru dapat dikombinasikan baik dengan warna kayu alami atau digunakan sebagai kontras dengan kuning untuk menambah kesan semangat. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Lampu Meja untuk Ruang Kerja di Rumah 

Kuning

Sama dengan merah, kuning juga bisa menjadi warna yang menakutkan untuk ditambahkan ke ruangan, termasuk ruang kerja. 

Namun, tak perlu khawatir, menggunakan garis kuning saja sudah cukup. Mewakili sinar matahari, harapan, dan kebahagiaan, kuning menanamkan energi serta optimisme. 

Baca juga: 6 Tips Menciptakan Ruang Kerja yang Tenang dan Produktif  

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kuning dapat meningkatkan aktivitas mental, membantu mengaktifkan memori, mendorong komunikasi, juga membangun kepercayaan diri.

Direkomendasikan mengapilikasikan kuning pada hiasan bagian dalam jendela atau pintu. Disarankan juga menggunakan sesuatu yang lebih berani dan terang daripada yang biasanya Anda pilih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com