Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Pencahayaan Ruang Kerja agar Meningkatkan Konsentrasi

Kompas.com - 22/09/2022, 14:30 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejak pandemi Covid-19, banyak orang bekerja dari rumah atau work from home (WFH) karena ada pembatasan kegiatan non-esensial.

Meski saat ini pembatasn sudah dicabut dan kegiatan sehari-hari sudah mulai kembali normal, masih ada beberapa pekerja yang berkerja dari rumah.

Baca juga: Catat, 5 Barang Ini Perlu Dimiliki di Ruang Kerja Rumah

Walhasil, ruang kerja pun tercipta, entah dengan menata ulang salah satu sudut di ruangan tertentu, mengubah sebuah ruangan menjadi ruang kerja, bahkan membangun ruangan baru sebagai tempat bekerja.

Bekerja dari rumah tidak selelah bekerja di kantor karena tidak perlu bersiap-siap dan melakukan perjalanan menuju tempat kerja. 

Ilustrasi ruang kerja di rumah, meja kerja. UNSPLASH/SIDEKIX MEDIA Ilustrasi ruang kerja di rumah, meja kerja.

Bekerja dari rumah bisa langsung menuju meja kerja setelah bangun tidur atau usai mandi dan sarapan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa WFH dapat membuat orang merasa jenuh.

Joke Roos, desainer interior dana salah satu anggota ID12 yang mencakup 12 desainer interior terbaik Indonesia, mengungkapkan cara mendesain ruang kerja di rumah untuk mencegah jenuh.

Baca juga: 5 Tips Menempatkan Ruang Kerja di Ruang Tamu

“Persyaratannya di pencahayaan seperti bukaan jendela yang banyak,” tuturnya dalam media gathering bersama TACO Group di mal Senayan City, Jakarta, baru-baru ini. 

Menurut Joke, pencahayaan harus dipertimbangkan karena ruang kerja bisa digunakan untuk waktu lama, entah bekerja atau sekadar membaca buku.

Apabila pencahayaan di ruang kerja cukup gelap, ini bisa membuat orang enggan berlama-lama di sana. Pada akhirnya, mereka akan merasa ngantuk, jenuh, dan menghentikan pekerjaan, lalu keluar mencari hiburan.

“Kalau (pencahayaan) nyaman, bisa bikin nyaman,” jelas Joke.

Baca juga: 4 Ide Pencahayaan di Ruang Kerja, Kurangi Ketegangan Mata

Ide pencahayaan untuk ruang kerja

Ilustrasi ruang kerja di rumah Unsplash/Spacejoy Ilustrasi ruang kerja di rumah
Disadur dari HGTV, Kamis (22/9/2022), pencahayaan di ruang kerja tidak harus berasal dari cahaya matahari jika ruangan tidak memungkinkan penambahan jendela.

Sebab, kamu bisa memaksimalkan pencahayaan di ruang kerja melalui berbagai sumber pencahayaan buatan seperti lampu meja dan rangkaian lampu lainnya di dalam ruangan.

Baca juga: 7 Cara Menciptakan Ruang Kerja yang Kedap Suara

Disadur dari The Spruce, bisa pula menghadirkan lampu lantai dengan bohlam dan kap yang mengarah ke atas untuk memantulkan cahaya dari dinding serta plafon ke seluruh ruangan.

Apabila tidak ada ruangan apa pun di atas ruang kerja dan memiliki anggaran berlebih, coba menhadirkan skylight.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com