Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Membersihkan Jendela Saat Hari Sedang Cerah, Ini Alasannya

Kompas.com - 07/11/2022, 17:58 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com – Cuaca yang cerah dan terik kerap dimanfaatkan banya orang untuk membersihkan jendela karena bisa melihat kotoran dan noda lebih jelas serta mengeringkan permukaan kaca lebih cepat. 

Namun, seperti dikutip dari Real Homes, Senin (7/11/2022), ternyata hari yang cerah dan sinar matahari terik bukan situasi tepat untuk membersihkan jendela

Baca juga: Hindari, 6 Benda Ini Tidak Boleh Dibersihkan dengan Pembersih Jendela

Pasalnya, suhu panas dari sinar matahari dapat mengeringkan jendela terlalu cepat, yang biasanya dapat menjadi penyebab munculnya noda gores pada kaca jendela.

Sebab, air dan produk pembersih jendela menguap sehingga meninggalkan noda gores. Lantas, kapan waktu tepat untuk membersihkan jendela?

Fabulosa, produsen produk pembersih asal Inggris, sudah lama memberikan imbauan terkait membersihkan jendela saat hari cerah dan terbukti benar.

“Saat cerah, jendela memanas dan bertindak sebagai pemanas. Jadi, air apa pun yang digunakan saat membersihkan jendela akan menguap. Hal inilah yang menyebabkan noda gores,” kata mereka.

Baca juga: Cara Membersihkan Kaca Jendela dengan Cepat, Pakai Roller Cat

Karena itu, sebaiknya kamu membersihkan jendela saat hari sedang berawan agar hasil akhir permukaan kaca jendela bebas dari noda gores.

Hal senada juga dikatakan Adam Pawson dari Safestyle, produsen jendela asal Inggris. Menurutnya, sinar matahari akan membuat Anda bekerja lebih keras dan cepat.

“Sabun mengering dengan cepat setelah dioleskan ke jendela sehingga memberi Anda lebih sedikit waktu untuk membersihkannya secara efektif dengan squeegee atau kain lap,” tutur Pawson. 

Baca juga: 4 Tips Membersihkan Jendela Secara Profesional

Cara membersihkan jendela

Ilustrasi pembersihan kaca jendelaShutterstock Ilustrasi pembersihan kaca jendela

Dilansir dari Clean and Clear, membersihkan jendela adalah kegiatan mudah dan prosesnya simpel. Namun, beberapa orang melakukan prosesnya kurang tepat.

Langkah pertama membersihkan jendela adalah menyemprot produk pembersih dan diamkan sementara, tetapi tidak sampai kering. Setelah itu, gunakan kain lap atau spons basah untuk menyebarkan produk secara merata.

Jika perlu, gunakan pengikis untuk menyingkirkan noda membandel. Kemudian, akhiri proses pembersihan dengan squeegee untuk menghilangkan sisa air dan produk pembersih. 

Gerakkan alat secara vertikal, lalu ulangi kembali dengan gerakan horizontal. Akhiri pembersihan jendela dengan kain lap kering.

Baca juga: Cara Membersihkan Kaca Jendela agar Mengkilap

Membersihkan jendela saat hari sedang cerah

Menurut Pawson, jika tidak ada pilihan selain membersihkan jendela saat hari sedang cerah, sebaiknya menyabuni dan membersihkan hanya area kecil saja atau satu sisi jendela dalam satu waktu.

Setelah salah satu sisi jendela dibersihkan, pindah ke bagian berikutnya. Metode ini untuk menghindari sabun mengering pada kaca jendela dan meninggalkan noda gores.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com