Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Warna Gorden yang Harus Dihindari di Kamar Tidur

Kompas.com - 07/11/2022, 16:48 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mempertimbangkan warna dan dampaknya terhadap tidur, biasanya warna pada tirai atau gorden sering kali terabaikan.

Padahal, warna gorden dapat mempengaruhi memperoleh tidur malam yang nyenyak. Hal ini pun diungkapkan para ahli kesehatan dan desainer. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Gorden yang Tepat Menurut Feng Shui

Mereka menjelaskan ahwa warna gorden mempengaruhi jiwa Anda di kamar tidur. Artinya, warna tersebut tercermin dalam kualitas tidur dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan pada pagi hari.

Kenny Johnson dari Sleepy Review, mengatakan warna, seperti merah, hitam, ungu, dan oranye, membangkitkan emosi tertentu yang tidak diperlukan di kamar tidur.

Karena itu, para ahli menyarankan warna-warna ini digunakan sebagai aksen, tetapi harus menghindari menggunakannya sebagai warna tirai di kamar tidur.

Nah, Dilansir dari Homes and Gardens, Senin (7/11/2022), berikut warna gorden yang harus dihindari di kamar tidur.   

Baca juga: Cara Memilih Gorden Kamar Tidur Menurut Para Desainer

Merah

Ilustrasi kamar tidur bergaya Skandinavia modern, ilustrasi tirai di kamar tidur, Ilustrasi kasur.Shutterstock/Svet_Feo Ilustrasi kamar tidur bergaya Skandinavia modern, ilustrasi tirai di kamar tidur, Ilustrasi kasur.
Merah adalah warna yang harus dihindari paling utama di kamar tidur. Benjamin Rose, ahli kesehatan dari Trainer Academy, mengatakan merah cerah atau intens merangsang aktivitas otak dan menimbulkan perasaan gembira atau marah.

Terlalu banyak warna merah di kamar tidur dapat meningkatkan denyut nadi dan membuat  lebih terjaga sehingga sulit tertidur.

Merah juga merupakan salah satu warna paling berenergi serta melambangkan konflik, bahaya, dan kekuatan.

Tentu saja, semua ini tidak diinginkan di ruangan mana pun untuk Anda bersantai dan tertidur. Karena alasan-alasan tersebut, tirai merah tidak disarankan digunakan di kamar tidur. 

Baca juga: 5 Cara Mengatur Kamar Tidur Menurut Feng Shui 

Oranye

Oranye juga dihindari sebagai warna tirai di kamar tidur karena kualitas energinya. Paige Anderson, desainer interior di Nitido Design, menambahkan bahwa naungan akan merangsang aktivitas di otak dan tubuh sehingga membuat Anda merasa lebih waspada daripada seharusnya di kamar tidur.

"Ini membuat kita lebih sulit bersantai sebelum tidur. Kita tidak dapat tertidur dengan mudah atau tetap tertidur cukup lama tanpa terbangun sepanjang malam," tambah sang desainer.  

Baca juga: 7 Kesalahan Dekorasi yang Membuat Kamar Tidur Tampak Kecil

Ungu

Ketika datang ke ide kamar tidur terapeutik, ungu adalah salah satu warna terbaik yang dapat dipilih. Namun, Paige memperingatkan bahwa nada santai ini sebenarnya dapat menghambat tidur dalam jangka panjang.

"Jika menggunakanungu sebagai warna aksen pada gorden atau tempat tidur (atau keduanya), pastikan tidak berlebihan dengan jumlah yang digunakan di ruangan itu," Paige memperingatkan.   

Baca juga: 3 Tips Memilih Tirai yang Sesuai untuk Setiap Ruangan

Kuning

Ilustrasi kamar tidur, Ilustrasi karpet di kamar tidur.Shutterstock/Interior Design Ilustrasi kamar tidur, Ilustrasi karpet di kamar tidur.
Kuning adalah warna ceria yang dikenal karena kemampuannya mengisi ruang dengan hal-hal positif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com