Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Memilih Tirai yang Sesuai untuk Setiap Ruangan

Kompas.com - 23/03/2022, 18:55 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Di luar sana ada banyak sekali tirai dengan beragam warna dan model yang bisa menarik hati. Hanya saja ketika ingin membeli sebuah tirai, kamu tak boleh hanya melihat ke modelnya saja.

Sebab, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih tirai agar membuat rumah semakin nyaman dan suasana hatimu meningkat.

Melansir dari The Spruce, Rabu (23/3/2022) berikut panduan untuk memilih tirai agar sesuai dengan dekorasi rumahmu.

Baca juga: 4 Tips Memilih Tirai Kamar Mandi yang Awet dan Estetik

Memperhatikan panjang tirai

Panjang tirai menjadi hal yang utama untuk kamu perhatikan. Pasalnya bila kamu hanya tertarik pada modelnya lalu tak memperhatikan panjang tirai sesuai atau tidak dengan jendela rumahmu malah bisa kacau.

Misalnya saja kamu tertarik membeli tirai motif cantik dengan ukuran 100 cm, tapi jendela rumahmu membutuhkan ukuran 200 cm. Tirai yang kamu beli bila dipasang ke jendela pasti akan menggantung, maka dari itu memperhatikan panjang tirai dan jendela sangat penting.

Meski begitu, di luar sana ada beberapa jenis tirai yang dibuat dengan memperhatikan ukuran panjangnya, yang mungkin bisa menjadi pertimbanganmu dalam memilih tirai. Berikut ini jenis-jenisnya.

  • Tirai tier adalah tirai kecil yang hanya bisa menutupi bagian atas jendela.
  • Tirai apron. Kalau ini tirai yang menggantung di bagian bawah jendela.
  • Tirai lantai yang memiliki panjang sampai lantai.
  • Tirai genangan air adalah tirai panjang sampai menghampar ke lantai.

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Tirai Kamar Tidur

Memilih bahan kain tirai

Ilustrasi kamar tidur bergaya Scandinavia modern, ilustrasi tirai di kamar tidurShutterstock/Svet_Feo Ilustrasi kamar tidur bergaya Scandinavia modern, ilustrasi tirai di kamar tidur

Kain menjadi pertimbangan selanjutnya dalam memilih tirai. Sebab, jenis kain yang berbeda akan mempengaruhi fungsinya dalam menghalau cahaya.

Contohnya bila kamu memilih kain tirai yang tipis seperti katun, cahaya akan tetap masuk ke rumah. Tirai ini akan cocok untuk kamu yang suka dengan rumah terang.

Namun, bila kamu menginginkan rumah dengan cahaya yang redup, kamu bisa memilih tirai berbahan linen. Sementara jika suka dengan rumah yang cukup gelap, pilihan kain tirai terbaik jatuh pada beludru yang tebal dan buram.

Baca juga: 7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Tirai, Apa Saja?

Memperhatikan model lis atau batang tirai

Tak hanya tentang panjang dan jenis kainnya, kamu juga butuh memperhatikan lis atau batang tirai. Hal ini tentu saja demi menunjang tampilan tiraimu. Sehingga bisa memberikan esensi yang menarik pada ruangan.

Kamu bisa memilih batang tirai yang berbahan kuningan atau nikel yang telah dipoles dengan warna emas atau perak. Mungkin juga kamu yang suka dengan gaya antik bisa memilih batang tirai berwarna perunggu.

Dengan menyeimbangkan antara panjang, bahan kain, dan batang tirai akan membuat tampilan rumah semakin cantik. Sehingga bisa membuatmu merasa nyaman dan lebih senang untuk tinggal di rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com