Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Alasan Kucing Peliharaan Mengusap Wajahnya ke Sejumlah Permukaan

Kompas.com - 07/11/2022, 14:28 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Dodo

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu perilaku yang sering dilakukan kucing adalah gemar mengusapkan wajahnya ke permukaan apa pun di rumah, dari dinding, sofa, hingga furnitur. 

Namun, apakah perilaku ini normal dan terjadi pada semua kucing? Apa maksud dari kucing mengusap wajahnya?

Baca juga: 5 Alasan Kucing Menjilati Tubuhnya Usai Dibelai Manusia

Ahli perilaku anjing dan kucing bersertifikat di Senior Tail Waggers, Crista Coppola, menjelaskan, kucing dapat meninggalkan aroma tubuhnya pada permukaan apa pun tempatnya mengusapkan wajah.

Kucing memiliki kelenjar aroma di pipi, atas mata, atas mulut dan sisi hidung, dahi, di antara telinga, dan bawah rahang,” terangnya dilansir dari The Dodo, Senin (7/11/2022).

Kucing juga punya kelenjar aroma yang terletak pada kaki-kakinya, yang menjadi salah satu cara kucing menemukan jalan pulang. 

Kelenjar aroma pada kucing melepaskan feromon, yakni zat kimia yang hanya bisa dideteksi kucing lain. Feromon kucing memberikan banyak informasi tentang kucing tersebut, termasuk jenis kelamin, status reproduksi, dan usia.

Kucing mengusap wajahnya pada permukaan apa pun untuk meninggalkan informasi tentang dirinya. Namun, perilaku ini juga dilakukan karena beberapa alasan lain seperti berikut.

Baca juga: Tampak Mirip, Ini Perbedaan Kucing Himalaya dan Birma

Meninggalkan aromanya

Ilustrasi kucing mengusap wajah.SHUTTERSTOCK / Anna Jurkovska Ilustrasi kucing mengusap wajah.

Kucing mengusapkan wajahnya di sekitar rumah untuk memberi tahu kucing lain bahwa itu adalah milik mereka.

“Kucing mengusap wajahnya pada apa pun untuk menyimpan aroma. Kucing menggunakan informasi ini untuk menandai wilayah mereka dan membantu timeshare area. 

Timeshare adalah istilah yang mengacu pada sebuah pengaturan untuk memiliki hak menggunakan sesuatu sebagai miliknya berdasarkan pembagian waktu. Dengan hal itu, kucing bisa mengetahui sudah berapa lama kucing lain di area tersebut dari seberapa kuat atau segar aroma yang ditinggalkan.

Jika kucing mencium area yang baru saja ditandai, mereka mungkin ingin pergi untuk menghindari konfrontasi jika kucing yang menandai area masih berada di dekatnya.

Baca juga: Mengapa Kucing Tidak Suka Telapak Kakinya Disentuh?

Membuat dirinya merasa nyaman

Kucing mengusap wajahnya ketika berada di lingkungan baru agar aromanya tidak asing sehingga membuat sahabat bulu merasa aman.

Jika memiliki kucing baru yang mengusapkan wajah dan tubuhnya pada apa pun, sahabat bulu sedang mencoba membuat dirinya merasa di rumah.

Mereka juga bisa berperilaku seperti ini ketika kamu membeli sesuatu yang baru di rumah seperti kursi. Kucing akan megusap wajahnya ke kursi tersebut untuk meyakini dirinya sendiri bahwa benda itu aman. 

Baca juga: 5 Alasan Kucing Pipis di Kasur Pemiliknya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com