Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengusir Tikus Pakai Kayu Manis, Mudah dan Cepat Dilakukan

Kompas.com - 17/08/2023, 22:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus dianggap sebagai hama yang mengganggu di rumah. Tikus merusak, memakan tempat penyimpanan makanan, menghancurkan peralatan, dan menyebabkan kerusakan rumah.

Akan tetapi, tikus juga merupakan vektor atau pembawa penyakit dan dapat menularkan penyakit melalui kontak langsung atau kontak tidak langsung dengan kotoran atau air liur tikus.

Namun demikian, jangan khawatir. Ada banyak cara mengusir tikus di rumah, salah satunya dengan menggunakan kayu manis.

Baca juga: Cara Mengusir Tikus Pakai Cengkeh, Mudah Dilakukan

Ilustrasi tikus di dapur. SHUTTERSTOCK/IGOR NORMANN Ilustrasi tikus di dapur.

Dikutip dari House Digest, Kamis (17/8/2023), tikus bereproduksi dengan cukup cepat. Dengan demikian, menggunakan kayu manis adalah cara yang manusiawi untuk membasmi tikus tanpa harus melakukan genosida.

Kayu manis adalah bumbu dapur yang tersedia secara luas, tetapi juga dapat digunakan untuk mengusir hama seperti tikus. Sementara kayu memiliki aroma yang menyenangkan bagi kita, kebalikannya terjadi pada tikus.

Tikus tidak tahan bau kayu manis yang menyengat. Untuk mengusir tikus, Anda bisa menggunakan kayu manis segar atau minyak kayu manis.

Menurut Hunker, Anda dapat mengikat kumpulan batang kayu manis segar di dalam kantong dan meninggalkannya di lokasi strategis di dalam rumah, terutama di tempat penyimpanan makanan. Jika Anda memiliki bubuk kayu manis, Anda juga bisa mengikatnya dalam kantong atau menaburkannya.

Baca juga: Cara Membasmi Tikus di Rumah dengan Buah Bintaro

Jika Anda ingin menggunakan minyak kayu manis, kumpulkan bola kapas sebanyak yang Anda butuhkan untuk menutupi area utama di rumah dan rendam dengan minyak kayu manis.

Biarkan di area tersebut untuk melindungi dari tikus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com