Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/09/2023, 15:13 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comRuang keluarga disebut sebagai jantungnya rumah. Biasanya, ruangan ini berada di tengah-tengah rumah.

Ruang keluarga ini biasanya digunakan untuk berkumpul bersama dengan anggota keluarga lainnya. Maka dari itu, ruang keluarga harus dibuat senyaman mungkin.

Tak hanya itu, ruang keluarga juga perlu di dekorasi secantik mungkin karena Anda dan keluarga mungkin menghabiskan waktu cukup lama di ruangan tersebut.

Baca juga: 7 Ide Mengecat Ruang Keluarga agar Tampak Menarik

Untuk membuat ruang keluarga menjadi nyaman dan cantik, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Dilansir dari Homes and Gardens, Sabtu (30/9/2023), berikut ide mendekorasi ruang keluarga yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda.

Memaksimalkan area penyimpanan

Ilustrasi tempat penyimpanan di ruang keluarga bergaya Skandinavia.Shutterstock/Prostock-studio Ilustrasi tempat penyimpanan di ruang keluarga bergaya Skandinavia.

Meskipun digunakan sebagai ruang bersantai, namun ruang keluarga juga bisa digunakan sebagai area penyimpanan. Anda bisa menempatkan lemari di ruangan ini untuk menyimpan barang-barang.

Biasanya, barang yang disimpan dalam ruang keluarga yaitu buku atau perabotan lain yang sering digunakan.

Letakkan televisi

Untuk membuat ruang keluarga terasa lebih nyaman, Anda bisa menempatkan televisi di ruangan tersebut. Dengan demikian, Anda bersama keluarga bisa menonton TV bersama setiap harinya.

Baca juga: 6 Barang yang Harus Disingkirkan di Ruang Keluarga, Ini Alasannya

Anda bisa mendesain area belakang televisi agar terlihat semakin estetik. Jika dibutuhkan Anda juga bisa meletakkan meja TV yang cantik dan menyatu dengan elemen interior lainnya.

Gunakan pola tertentu

Ide mendekorasi ruang keluarga lainnya yaitu dengan menghadirkan pola tertentu pada ruangan tersebut.

Eva Sonaike seorang direktur kreatif mengatakan bahwa pola dan warna bisa digunakan dalam ruang keluarga.

Anda bisa menggunakan bantal bermotif di soda polos dan menambahkan kain berlapis untuk membuat ruang keluarga lebih estetik.

Letakkan furnitur berukuran besar

Jika Anda memiliki ruang keluarga yang sempit, mungkin Anda akan memiliki furnitur kecil agar ruangan terasa lebih luas.

Baca juga: 7 Cara Menyembunyikan TV di Ruang Keluarga

Namun ternyata, Sheena Murphy, partner Nune mengatakan bahwa furnitur berukuran kecil justru bisa membuat ruangan terasa lebih kecil. Sheena menyarankan untuk meletakkan karpet di bawah sofa.

Furnitur besar tak hanya membuat ruangan terasa lebih besar, namun juga bisa memberikan kenyamanan lebih untuk Anda dan keluarga.

Ilustrasi ruang keluarga dengan konsep terbukaShutterstock/Artazum Ilustrasi ruang keluarga dengan konsep terbuka

Buat ruang keluarga dengan konsep terbuka

Membuat ruang keluarga dengan konsep terbuka juga menjadi salah satu ide mendekorasi ruang keluarga yang bisa Anda lakukan. Ruang keluarga berkonsep terbuka akan membuat suasana lebih nyaman dan lapang.

Selain itu, ruang keluarga dengan konsep ini juga membuat hubungan antar anggota keluarga semakin dekat. Sebab, ruangan terbuka memungkinkan orang tua bisa berinteraksi dan mengawasi anak-anaknya dengan mudah.

Baca juga: Jangan Asal, Ini 5 Warna Karpet Terbaik untuk Ruang Keluarga

Pilih furnitur yang ramah anak

Saat mendekorasi ruang keluarga, perhatikan juga keamanan furnitur yang ada di ruangan tersebut. Pastikan furnitur yang digunakan aman untuk anak-anak.

Jika Anda memiliki anak kecil di rumah, maka sebaiknya pilih furnitur yang bagian tepinya melengkung. Material yang digunakan pun harus halus agar aman saat digunakan anak-anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com