Kompas.com - 18/04/2022, 12:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah yang kotor dan berantakan tidak hanya membuat hunian tampak tak terawat, tetapi juga bikin pusing, bahkan stres.

Karena itu, perlu membersihkan rumah secara rutin demi menjaganya tetap bersih dan tertata. 

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Kamu Harus Membersihkan Rumah Secara Teratur

Namun, meski sudah menjadi kebiasaan, ada beberapa cara pembersihan yang umum dilakukan sebenarnya salah, bahkan membuat rumah lebih kotor dan berbahaya. 

Ditambah, kesalahan membersihkan rumah itu juga meninggalkan bakteri, debu, dan kotoran, yang akhirnya hanya menambah pekerjaan. 

Maka itu, penting mengetahui hal tersebut agar terhindar dari kesalahan pembersihan yang dapat membuat rumah lebih kotor. 

Dikutip dari Better Homes and Gardens, Senin (18/4/2022), delapan kesalahan membersihkan rumah yang sering dilakukan dan membuat kotor. 

Baca juga: 3 Alasan Garam Bisa Digunakan untuk Membersihkan Rumah, Apa Saja?  

Menggunakan alat pembersih yang kotor

Ilustrasi mengepel lantai dengan kain pel. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi mengepel lantai dengan kain pel.
Sebelum memulai, pastikan alat pembersih yang digunakan dalam keadaan bersih untuk menghindari penyebaran bakteri, kotoran, dan debu ke semua rumah.

Sering-seringlah mencuci kain pembersih, sikat gosok, dan kepala pel, dan sikat toilet setelah digunakan. Kosongkan ember atau wada dan ganti air setiap kali kotor agar memberikan hasil maksimal. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dihindari Saat Membersihkan Rumah dengan Batu Apung

Tidak membersihkan sebelum disinfeksi

Ada perbedaan antara pembersihan dan disinfektan. Perbedaan tersebut dapat membuat atau merusak cara Anda membersihkan permukaan.

Meski pembersihan secara fisik dapat menghilangkan kuman dari permukaan, disinfektan menggunakan bahan kimia benar-benar dapat membunuh kuman.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.