Kompas.com - 06/10/2022, 13:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Cat putih dapat memberikan efek berbeda pada ruangan selain membuat lebih luas dan cerah.

Cat putih dapat mengatur nada desain ruang dengan halus. Bersama dengan pencahayaan, aksen, furnitur, dan karya seni, cat putih memberikan rasa nyaman hingga minimalis yang cemerlang. 

Baca juga: Ragam Penyebab Cat Putih Menguning dan Cara Mengatasinya

Desainer interior dan konsultan warna yang berbasis di New York, Amerika Serikat, Martin Kesselman, mengatakan cat merupakan cara bagus mengubah ruangan dengan anggaran terbatas.

Namun, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat mengecat ruangan dengan warna putih seperti dilansir dari Architectural Digest, Kamis (6/10/2022). 

Memilih cat putih yang terlalu terang

Ilustrasi ruang keluarga bernuasa putih, ilustrasi ruang tamu terbuka.SHUTTERSTOCK/2M media Ilustrasi ruang keluarga bernuasa putih, ilustrasi ruang tamu terbuka.
Satu-satunya peringatan saat memilih cat putih adalah hindari memilih warna putih yang sangat bersih karena dapat memperlihatkan ketidaksempurnaan pada dinding. 

Mikel Welch, desainer interior dan bintang HGTV, menyarankan memilih cat putih pucat untuk menyembunyikan ketidaksempurnaan pada dinding. 

Baca juga: 7 Warna Cat yang Cocok untuk Ruangan Gelap Selain Putih 

Hindari menggunakan cat putih yang sama dengan plafon 

Di banyak ruang tradisional, Anda akan melihat pola yang familiar, yakni dinding putih yang dipasangkan dengan trim putih cerah, plafon, dan pintu putih.

Kesselman sering menggunakan warna yang sama untuk dinding, trim, dan plafon ruangan, tetapi dengan mengandalkan kombinasi sedikit variasi dalam hasil yang kemilau dan elemen arsitektur lainnya di ruangan untuk menciptakan titik kontras serta minat visual. 

Baca juga: 4 Penyebab Cat Dinding Menggelembung dan Cara Mengatasinya

Baik bertahan dengan pendekatan lebih tradisional maupun mempertimbangkan  menggunakan monokromatik, ingatlah bahwa plafon, dinding, dan trim harus dicat dengan hasil akhir berbeda.

Finishing datar paling umum pada dinding karena mampu menutupi ketidaksempurnaan dinding,” jelas Kesselman.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.