Kompas.com - 29/09/2022, 12:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comCat dinding menggelembung adalah salah satu pemandangan yang pernah dilihat hampir kebanyakan orang.

Biasanya, area dengan cat dinding yang menggelembung akan memiliki satu atau dua gelembung besar yang diikuti dengan beberapa gelembung kecil. Ada pula area yang hanya memiliki satu gelembung cat yang besar.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Cat Menggelembung di Kamar Mandi

Tentunya, situasi ini membuat dinding dan ruangan terlihat kurang menarik, terutama jika terjadi di ruang tamu dan areanya mudah dilihat oleh para tamu.

Namun, apa penyebab cat tembok menggelembung dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasannya, seperti dilansir Bob Vila, Kamis (29/9/2022).

Mengapa cat dinding menggelembung?

Ilustrasi cat dinding menggelembung.SHUTTERSTOCK / pen kanya Ilustrasi cat dinding menggelembung.

Cat dinding menggelembung, juga disebut cat melepuh, merupakan hasil dari cat kehilangan daya rekatnya pada lapisan dasar cat atau permukaan di bawahnya, misalnya drywall, plester, dan kayu.

Kondisi ini terjadi ketika cat menarik diri, dan gelembung berisi udara atau air terbentuk. Beberapa gelembung dapat mengempis atau meletus dengan sendirinya selama proses pengeringan, sementara yang lain mengeras.

Baca juga: Cara Mengatasi Cat Tembok Menggelembung dan Mengelupas

Jika gelembung berukuran kecil dan sudah mengempis atau meletus, beberapa orang mungkin memutuskan untuk mengecatnya guna memperhalus permukaan dinding.

Akan tetapi, ini bukanlah solusi jangka panjang. Sebab, gelembung kemungkinan akan muncul kembali. Walhasil, pengecatan kedua sama saja seperti membuang-buang waktu.

Sebaiknya, identifikasi terlebih dulu apa yang menyebabkan cat dinding menggelembung. Lalu, atasi masalahnya untuk mencegah gelembung merusak lapisan cat berikutnya.

Halaman:
Sumber Bob Vila


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.