Kompas.com - 29/09/2022, 17:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjaga tampilan cat dinding eksterior rumah sangat penting karena ini menjadi salah satu hal pertama yang dilihat para tamu.

Apabila cat dinding menggelembung, retak, atau mengelupas, ini dapat menurunkan tampilan dinding serta hunian secara keseluruhan.

Baca juga: 14 Penyebab Cat Dinding Mengelupas meski Baru Diaplikasikan

Karena itu, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan cat berkualitas tinggi lantaran kualitas mempengaruhi daya rekat dan ketahanannya.

Akan tetapi, apakah melihat berdasarkan kualitas produk cat saja sudah cukup atau ada tips agar cat tembok eksterior tahan lama? 

Nah, Disadur dari Island Paints, Kamis (29/9/2022), berikut enam cara membuat cat dinding eskterior rumah lebih tahan lama. 

Perhatikan jenis catnya

Ilustrasi cat dindingFREEPIK.COM/RAWPIXEL.COM Ilustrasi cat dinding

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah memperhatikan jenis cat yang akan digunakan untuk mewarnai dinding eksterior rumah.

Ada dua jenis cat yang sering digunakan, yakni cat lateks atau berbasis air dan cat berbasis minyak. Masing-masing cat ini memiliki keuntungan saat diaplikasikan ke dinding. 

Baca juga: 4 Penyebab Cat Dinding Menggelembung dan Cara Mengatasinya

Cat lateks adalah pilihan yang baik apabila dinding eksterior sering terkena sinar matahari. Cat ini cenderung mengembang dan menyusut berdasarkan cuaca serta suhu di luar rumah.

Umumnya, cat lateks mudah dibersihkan dengan air dan sabun serta mudah mengering hanya dalam beberapa jam sehingga bisa mengoleskan lapisan berikutnya lebih cepat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.