Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/09/2022, 17:14 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap orang tua tentu menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya, termasuk memberikan kamar tidur ramah anak. 

Dalam mendesain kamar tidur ramah anak, ada berbagai macam hal yang perlu dipertimbangkan dengan matang agar si kecil merasa senang, aman, dan nyaman saat beristirahat maupun bermain. 

Baca juga: 4 Cara Menciptakan Kamar Tidur Ramah Anak yang Aman dan Nyaman

Salah satu yang perlu dipertimbangkan adalah warna cat. Tidak semua anak menyukai warna yang sama dengan orang tuanya. Namun, ada beberapa anak yang tidak masalah memiliki kamar tidur dengan warna yang dipilihkan orang tuanya.

Lantas, seperti apa warna cat yang tepat untuk kamar tidur ramah anak?

“Kalau saya biasanya akan tanyakan dulu ke klien, anaknya umur berapa, hobi apa, ada warna favorit atau enggak,” kata desainer interior Joke Ross di The Colours of Indonesia (TCOI), di Mal Senayan City, Jakarta, baru-baru ini. 

Baca juga: 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mendekorasi Kamar Tidur Anak

Setelah mengetahui hal-hal tersebut atau salah satunya seperti usia, desainer interior atau orang tua bisa menciptakan skema warna yang mungkin disukai anak.

Akan tetapi, warna yang dipilih harus dalam rona kalem alias tidak terlalu mencolok karena kamar tidur lebih sering digunakan untuk beristirahat alih-alih kegiatan berenergik.

“Sebenarnya, warna yang cocok untuk kamar tidur anak enggak ada patokan, enggak bisa dipukul rata karena semuanya personal,” imbuh Joke. 

Baca juga: 4 Ide Dekorasi Kamar Anak Bak Negeri Dongeng

Bagaimana jika tidak ada warna dengan rona halus?

Ilustrasi kamar tidur anak.Shutterstock/Africa Studio Ilustrasi kamar tidur anak.

Apabila warna favorit anak tidak memiliki rona halus, ini bisa diakali dengan menghadirkannya lewat aksen, entah itu bantal atau karpet.

“Itu sudah bikin nuansa yang bikin anak merasa nyaman di kamarnya. Alternatifnya, pakai barang lepasan karena gampang dirawat,” jelas Joke. 

Menurutnya, barang lepasan seperti bantal, karpet, atau benda dekorasi lainnya lebih mudah diganti jika anak merasa bosan dengan warna tersebut. 

Tentunya, hal tersebut lebih mudah dan lebih murah dilakukan daripada mengecat dinding, terutama jika mereka mulai bosan dengan warnanya.

Baca juga: 4 Tips Mendesain Kamar Tidur Anak agar Rapi dan Nyaman

Rekomendasi warna cat untuk kamar tidur anak

Ilustrasi kamar tidur anak perempuan. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi kamar tidur anak perempuan.

Menurut Joke, tidak ada aturan khusus dan patokan terkait dengan warna cat yang harus digunakan pada dinding kamar tidur ramah anak.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com