Kompas.com - 29/09/2022, 14:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu cara mempercantik rumah tanpa merenovasinya adalah mengecat dinding. Ini membuat tampilan rumah tampak menarik dan segar.

Namun, terkadang cat dinding juga bisa menyebabkan masalah pada hunian seperti mengelupas meski baru dicat. Bahkan, masalah ini turut terjadi pada bangunan-bangunan komersial.

Baca juga: 4 Penyebab Cat Dinding Menggelembung dan Cara Mengatasinya

Biasanya, tanda-tanda cat mengelupas mencakup tampilan cat yang retak, bahkan lepas dengan sendirinya.

Dilansir dari PPD Painting, Kamis (29/9/2022), ada beberapa penyebab cat dinding mengelupas meski baru dicat seperti berikut. 

Kerusakan air

Ilustrasi cat dinding mengelupas.SHUTTERSTOCK / Bezuglova Evgeniia Ilustrasi cat dinding mengelupas.

Jika ruangan yang baru dicat baru-baru ini mengalami kerusakan air, kebocoran, atau kelembapan tinggi, ini bisa membuat cat mengelupas karena tidak bisa menempel dengan baik pada permukaan yang basah atau lembap.

Baca juga: 3 Warna Cat Terbaik untuk Kamar Tidur Ramah Anak

Terlalu banyak lapisan cat

Tidak melakukan pengecatan dengan baik juga bisa menjadi penyebab cat mengelupas. Salah satu kebiasaan buruk yang dilakukan saat mengecat dinding adalah menggunakan terlalu banyak lapisan cat.

Walhasil, lapisan cat pada dinding menjadi terlalu tebal. Hal ini juga buruk untuk cat plafon karena berat lapisan cat, ditambah dengan gravitasi, dapat mempercepat proses kerusakan cat.

Lingkungan dengan kelembapan tinggi

Kelembapan tinggi di ruangan berventilasi buruk dapat menyebabkan penumpukan uap air pada permukaan dinding. Walhasil, cat akan menggelembung atau melepuh.

Ketika cat menggelembung atau melepuh, tidak hanya dapat membuat lapisan cat mengelupas, tapu juga merangsang pertumbuhan jamur dari waktu ke waktu.

Baca juga: Cara Mengatasi Cat Tembok Menggelembung dan Mengelupas

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.