Kompas.com - 29/09/2022, 13:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski waktu liburan masih lama, tak ada salahnya mempersiapkannya jauh-jauh hari. Atau Anda telah berencana liburan dalam waktu dekat ini.

Pasalnya, merencanakan perjalanan bisa membuat stres, terlebih bila mengikutsertakan hewan peliharaan. Selain mempersiapkan kebutuhan sahabat bulu, ada sejumlah daftar hal-hal baru yang perlu dikhawatirkan saat membawa hewan peliharaan ke dalam rencana. 

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini saat Mengajak Anjing Peliharaan Bepergian

Mulai dari, mengemas peralatan yang tepat, memeriksa kebijakan hotel atau tempat wisata tujuan, hingga memastikan hewan peliharaan memenuhi kriteria perjalanan untuk tempat yang hendak dikunjungi.

Dengan berbagai persiapan itu dan mengetahui langkah-langkah yang diambil, bepergian dengan hewan peliharaan bisa menjadi hal menyenangkan serta terasa mudah.

Dirangkum dari Mental Floss, Kamis (29/9/2022), Danielle Bernal, dokter hewan dari Wellness Natural Pet Food, membagikan sejumlah tips berlibur dengan hewan peliharaan

Baca juga: Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Mengajak Kucing Bepergian dengan Mobil

Jaga hewan peliharaan tetap nyaman dalam kandang perjalanan

Ilustrasi anjing, kotak penyimpanan anjing selama perjalananSHUTTERSTOCK/Dorottya Mathe Ilustrasi anjing, kotak penyimpanan anjing selama perjalanan
Anda mungkin tergoda memberi hewan peliharaan banyak ruang dalam perjalanan panjang dengan mobil.

Namun, memberi sahabat bulu ruang terbatas yang menjadi milik mereka pribadi biasanya merupakan pilihan yang lebih baik.

Menurut Bernal, sering kali anjing merasa lebih baik berada di ruang terbatas selama perjalanan. Melatihnya dalam kandang adalah area keamanan mereka. 

"Seekor hewan jauh lebih baik dalam kandang daripada bergerak tanpa tali di kursi belakang mobil," ucapnya. 

Baca juga: 5 Tips Aman Mengajak Anjing Peliharaan Bepergian dengan Pesawat 

Jangan mengisi kandang dengan banyak mainan 

Selanjutnya, tips berlibur dengan hewan peliharaan adalah hindari mengisi kandang dengan banyak mainan. Memberi hewan peliharaan banyak mainan untuk dimainkan di rumah adalah hal baik, tetapi tidak dengan perjalanan panjang dengan mobil.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.