Kompas.com - 29/09/2022, 13:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Obesitas atau kelebihan berat badan tak hanya dialami manusia, tapi juga hewan peliharaan seperti anjing dan kucing

Sama dengan manusia, tanda-tanda anjing dan kucing mengalami obesitas dapat dilihat dari ukuran tubuhnya. 

Baca juga: Waspada, Ini 7 Tanda Hewan Peliharaan Mengalami Obesitas

Misalnya, tidak dapat melihat lipatan di pinggang anjing atau kucing, tidak bisa merasakan tulang rusuk, sulit bergerak, serta cepat merasa lelah atau napas terengah-engah setelah beraktivitas. 

Dilansir dari Reader's Digest, Kamis (29/9/2022), pada 2018, Association for Pet Obesity Prevention atau Asosiasi Pencegahan Obesitas Hewan Peliharaan menemukan sekitar 56 persen anjing dan 60 persen kucing mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. 

Jika Anda baru saja mengangkat hewan peliharaan dan merasa punggung lemas, artinya sahabat bulu termasuk dari  populasi hewan yang kelebihan berat badan. 

Baca juga: Kucing Obesitas? Ini Cara Mengontrol Pola Makan Berlebih

Ilustrasi anjing kegemukan.Shutterstock/Mary Swift Ilustrasi anjing kegemukan.
Anjing dan kucing peliharaan yang gemuk tampak lebih lucu serta menggemaskan. Namun, dikutip dari Mental Floss, menurut Banfield Pet Hospital, rumah sakit hewan terbesar di Amerika Serikat, kucing dan anjing peliharaan yang kelebihan berat badan berisiko mengalami masalah kesehatan kronis.

Dalam sebuah laporan baru, rumah sakit menemukan bahwa osteoarthritis (OA) pada hewan peliharaan sedang meningkat, dengan peningkatan 66 persen pada anjing dan peningkatan 150 persen pada kucing selama 10 tahun terakhir. 

Osteoarthritis adalah jenis radang sendi yang disebabkan peradangan atau kerusakan pada jaringan sendi. Genetika, cedera, atau kelainan tulang semuanya bisa menjadi faktor penyebabnya. 

Baca juga: Cara Menghentikan Kucing Mendengkur Akibat Obesitas

Osteoarthritis merupakan penyakit kronis dan degeneratif serta dapat menyulitkan hewan peliharaan bergerak seiring bertambahnya usia.

Kelebihan berat badan dapat mempercepat penyakit osteoarthritis dan semakin memperburuk kondisinya. Ketika hewan peliharaan kelebihan berat badan, mereka dapat mengembangkan rasa sakit kronis yang menyebabkan stres pada persendian.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.