Kompas.com - 29/09/2022, 11:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki peralatan masak yang lengkap di dalam dapur menjadikan kegiatan memasak semakin mudah dan cepat. Peralatan memasak ini memiliki ragam jenis, misalnya wok pan dan fry pan.

Namun demikian, meski fungsinya sama, apa perbedaan wok pan dan fry pan

Baik wok pan dan fry pan dirancang digunakan di atas kompor. Wok pan memiliki bagian bawah yang lebih bulat, yang memungkinkan cairan untuk berkumpul di satu tempat di tengah. 

Baca juga: Memasak di Kompor Induksi, Harus Pakai Panci dan Wajan Apa?

Ilustrasi wajan keramik.SHUTTERSTOCK / Krasula Ilustrasi wajan keramik.

Wok pan memiliki dinding dalam yang juga miring. Wok pan yang berdinding dalam akan memerangkap lebih banyak panas, memasak makanan lebih cepat daripada jika Anda menggunakan fry pan.

Adapun fry pan memiliki dasar yang rata dengan dinding yang sedikit miring. Fry pan dirancang dengan cara ini untuk memungkinkan minyak, saus, dan cairan lainnya merata di bagian bawah permukaan.

Dilansir Haufson Cookware, Kamis (29/9/2022), wok pan memiliki berbagai bentuk dan ukuran dan dibuat menggunakan berbagai bahan. Wok pan paling modern terbuat dari baja karbon.

Baja menghantarkan panas dengan cepat dan merupakan bahan yang tahan banting.

Baca juga: Panci Stainless Steel Berubah Warna, Apakah Berbahaya?

Sementara itu, fry pan juga tersedia dalam berbagai bahan. Namun, sebagian besar koki memilih baja tahan karat karena keserbagunaannya. 

Fry pan aman untuk oven dan merupakan pilihan sempurna untuk memasak merata. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.