Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Warna Cat Terbaik Kamar Tidur, Bikin Nyaman dan Tenang

Kompas.com - 03/02/2023, 14:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur mempengaruhi kemampuan Anda untuk tidur nyenyak. Ketika merasa tenang dan puas, Anda lebih mungkin untuk tertidur dengan cepat.

Bahkan warna-warna di kamar tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur, ritme sirkadian, dan memberi tidur malam yang nyenyak serta tenang. 

Baca juga: 6 Rekomendasi Warna Cat yang Dapat Mencerahkan Tangga Rumah

Pakar psikologi warna menemukan bahwa ada beberapa warna yang membuat kita merasa nyaman, sementara warna lainnya membuat terus waspada. 

Karena itu, sebaiknya memilih warna cat yang dapat menunjang tidur. Dilansir dari Ameri Sleep, Juamt (3/2/2023), berikut sejumlah warna cat terbaik untuk kamar tidur yang nyaman dan tenang.

Biru

Ilustrasi kamar tidur dengan warna cat biru muda.Shutterstock/Wuttichai1983 Ilustrasi kamar tidur dengan warna cat biru muda.
Salah satu warna cat kamar tidur terbaik adalah biru. Warna ini diasosiasikan dengan ketenangan dan relaksasi.

Biru adalah warna yang tidak merangsang, sementara kamar tidur berwarna merah merangsang otak dan menghasilkan lebih banyak kortisol, yang mengakibatkan kualitas tidur yang buruk.

Otak lebih tanggap terhadap warna biru daripada warna lainnya berkat reseptor khusus yang disebut sel ganglion, yang terletak di retina. 

Baca juga: 7 Ide Menghadirkan Nuansa Hijau di Kamar Tidur

Sel ganglion mengumpulkan informasi dari lingkungan visual dan mengubah informasi ini menjadi sinyal kimiawi ke hipotalamus, bagian otak yang bertanggung jawab memproduksi hormon, seperti melatonin dan kortisol.

Melatonin adalah hormon tidur dan mempengaruhi siklus tidur-bangun serta kortisol adalah hormon stres, yang membuat Anda tetap waspada pada siang hari.

Jadi, ketika melihat warna biru, hipotalamus memproduksi lebih banyak melatonin dan  sedikit kortisol.  

Baca juga: Warna Terbaik dan Terburuk untuk Kamar Tidur, Apa Saja?

Kuning 

Selanjutnya, warna cat kamar tidur yang memberi kenyaman dan membantu tidur adalah kuning. Nuansa warna kuning yang lebih lembut menciptakan lingkungan tenang karena nada yang diredam meniru sinar matahari.

Warna kuning yang lembut mengurangi stres dan meningkatkan ketenangan sehingga membantu tidur nyenyak. Sedangkan kuning yang lebih cerah meningkatkan energi dan harus dihindari.

Jadi, pilihlah warna kuning pastel yang ringan dan lembut, seperti warna gading yang memudar menjadi kuning seiring berjalannya waktu. 

Baca juga: 5 Tren Kamar Tidur yang Bakal Berakhir pada 2023

Hijau

Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa hijau.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa hijau.
Hijau adalah pilihan warna lain yang sangat baik untuk relaksasi dan warna yang mudah dilihat mata karena mata sensitif terhadap cahaya hijau.

Sama denga biru, kamar tidur hijau membantu memberi ketenangan dan kedamaian karena hijau adalah warna yang tidak merangsang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com