Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Mitos Anjing Pit Bull, dari Gigitan Mematikan sampai Sulit Dilatih

Kompas.com - 03/02/2023, 12:12 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Treehugger

JAKARTA, KOMPAS.com - Pit bull merupakan ras anjing yang sangat kuat. Sayangnya, kekuatan ini membuatnya mendapat reputasi buruk dan menjadi ras anjing yang paling disalahpahami.

Hal ini karena pengembangbiakan anjing Pitbull yang tidak bermoral, laporan media yang sensasional, dan informasi yang salah tentangnya selama bertahun-tahun. 

Baca juga: 8 Fakta Menarik Anjing Pit Bull yang Kerap Dianggap Berbahaya

Akibatnya, Pit bul terkenal sebagai ras anjing paling galak di dunia, mengintimidasi anjing lain, sulit dilatih, serta berbahaya untuk manusia karena dapat menyerang dan melukai. 

Bahkan, di beberapa negara, anjing Pit bull sering menjadi target undang-undang khusus ras, membatasi dan melarang keberadaannya di tempat-tempat umum, serta melarang memelihara dan membiakkan Pit bull serta beberapa ras anjing berbahaya lainnya seperti Doberman pinscher dan German shepherd.

Hal ini membuat banyak orang enggan menjadikan Pit bull sebagai anjing peliharaan dan menghindarinya saat bertemu di jalan atau taman anjing. 

Padahal, hal ini jelas-jelas salah. Banyak argumen yang menentang ras anjing Pit bull berdasarkan mitos, bukan fakta ilmiah. Bahkan mitos-mitos tersebut terus saja berkembang dan dipercaya hingga sekarang. 

Agar Anda tidak terjebak di dalam mitos tersebut, dilansir dari Treehugger, Jumat (3/2/2023), berikut beberapa mitos anjing Pit bull yang tidak perlu dipercaya.  

Baca juga: 3 Perbedaan American Pit Bull Terrier dengan Dogo Argentino

Pit bull memiliki rahang yang mengunci dan kekuatan menggigit sangat besar 

Ilustrasi anjing Pit bull yang menjadi salah satu anjing paling galak di dunia.Shutterstock/Lunja Ilustrasi anjing Pit bull yang menjadi salah satu anjing paling galak di dunia.
Rahang anjing Pit bull berfungsi dengan cara yang sama persis dengan rahang anjing lainnya, dan tidak ada ras anjing yang pernah ditemukan memiliki mekanisme penguncian. Pitbull juga tidak memiliki tekanan gigitan yang lebih besar daripada ras anjing lainnya.

Brady Barr dari National Geographic menemukan bahwa gigi taring anjing domestik memiliki kekuatan gigitan rata-rata 320 pon.

Sebagian dari studinya, ia menguji gigitan tiga ras anjing populer, yakni German shepherd, Rottweiler, dan American pit bull

Rottweiler memiliki gigitan terberat dengan kekuatan 328 pon, German shepherd dengan kekuatan 238 pon, dan anjing Pit bull menggigit dengan kekuatan 235 pon—yang paling rendah dari kelompok tersebut. 

Jadi, anggapan Pit bull memiliki rahang mengunci dan gigitan sangat kuat hanyalah mitos anjing Pit bull belaka. 

Baca juga: Ketahui, Ini 5 Jenis Anjing Pit Bull dan Perbedaannya

Pitbull lebih agresif daripada ras anjing lainnya 

Agresi adalah sifat yang bervariasi dari satu anjing ke anjing lainnya tanpa memandang ras. Hal ini sering kali lebih disebabkan lingkungan, pemiliknya, serta cara pengasuhan dan perlatihan yang diberikan daripada anjing itu sendiri.

Sebuah studi University of Pennsylvania, Amerika Serikat (AS), pada 2008 mengamati agresivitas pada 30 ras anjing dan menemukan bahwa Chihuahua dan Dachshund adalah yang paling agresif terhadap manusia seta anjing lain.

Pit bull termasuk anjing paling agresif terhadap anjing lain, terutama yang tidak dikenal. Namun, anjing Pit bull tidak lebih agresif daripada ras lain terhadap orang asing dan pemiliknya.

Halaman:
Sumber Treehugger
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com