Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ide Menghadirkan Nuansa Hijau di Kamar Tidur

Kompas.com - 02/02/2023, 17:01 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur dengan warna biru dapat membantu memperoleh tidur malam yang nyenyak karena warnanya yang menenangkan.

Namun, biru bukan satu-satunya warna kamar tidur yang menenangkan. Nuansa hijau juga dapat membangkitkan suasana santai dan nyaman di kamar tidur, membuatnya ideal untuk ruang terpenting di rumah

Baca juga: 6 Tips Feng Shui Kamar Tidur untuk Cegah Perselingkuhan

Selain itu, warna hijau juga memberikan penyegaran pada kamar tidur. Anda bisa menghadirkan hijau ke kamar tidur melalui cat dinding dan menambahkan tanaman hijau.

Nah, dikutip dari Better Homes and Gardens, Kamis (2/2/2023), berikut ide menghadirkan nuasan hijau di kamar tidur. 

Cat hijau 

Ilustrasi kamar tidur warna hijau, dekorasi kamar tidur warna hijau. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi kamar tidur warna hijau, dekorasi kamar tidur warna hijau.
Ciptakan suasana nyaman yang terinspirasi dari Barat Daya di kamar tidur. Mulailah dengan mengecat dinding dengan warna hijau kaktus yang kaya, lalu tambahkan aksen warna tanah.

Nuansa bambu Romawi, lampu gantung tali, dan perabotan kayu patri membawa lebih banyak kehangatan ke dalam kamar tidur. Akhiri motif dengan selimut bermotif, bantal, dan karpet. 

Baca juga: 9 Ide Dekorasi Kamar Tidur Warna Hijau, Nyaman dan Menenangkan

Aksen hijau yang bersahaja

Anda akan memimpikan liburan pantai yang santai setiap malam dengan kamar tidur yang terinspirasi dari pulau.

Perpaduan antara karpet kapur, bingkai tempat tidur bermotif rumput laut, bantal-bantal yang cerah, dan plafon hijau memberikan kesan energik pada ruangan, sementara dinding dan furnitur putih membuat ruangan tetap terang dan tenang.

Warna merah muda pastel melengkapi warna hijau serta memberikan tampilan yang rapi pada ruangan.

Tirai hijau 

Selanjutnya, ide menghadirkan nuansa hijau di kamar tidur adalah melalui tirai. Beberapa barang yang menarik perhatian dapat memberikan dampak besar pada sebuah ruangan dengan sedikit usaha.

Gunakan tirai velour hijau setinggi plafon untuk menjadi titik fokus di kamar tidur. Selain itu, gunakan bahan-bahan alami, seperti bambu dan rami, untuk menciptakan energ bersahaja, sementara meja samping tempat tidur antik menambahkan sedikit pesona dunia lama. 

Baca juga: Warna Terbaik dan Terburuk untuk Kamar Tidur, Apa Saja?

Trim hijau

Ilustrasi kamar tidur modern chic, ilustrasi kamar tidur dengan warna hijau pastel. Shutterstock/onzon Ilustrasi kamar tidur modern chic, ilustrasi kamar tidur dengan warna hijau pastel.
Jika dinding hijau terlalu berani untuk selera Anda, gabungkan ide sederhana dan halus ini. Warnai mahkota dan cetakan dasar, bingkai jendela, dan rel kursi dengan warna zaitun yang menenangkan untuk memberikan sedikit warna pada ruangan tanpa membuatnya terlihat berlebihan.

Jaga agar kamar tidur lainnya tetap netral dengan warna coklat dan cream di seluruh ruangan, tapi jangan ragu memasukkan lebih banyak tanaman hijau seperti tanaman segar atau bantal bermotif bunga. 

Baca juga: 5 Tren Kamar Tidur yang Bakal Berakhir pada 2023

Aksesori hijau

Anda tidak harus berkomitmen pada satu warna cat untuk memasukkan ke kamar tidur. Anda bisa mendandani kamar tidur yang netral dengan aksesori hijau.

Tetap gunakan skema warna netral untuk dinding, furnitur, dan tempat tidur sambil menambahkan beberapa benda-benda yang menarik perhatian seperti bangku tempat tidur hijau dan bantal sage.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com