Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan, 5 Warna Cat Ini Bisa Bikin Tampilan Rumah Tampak Murahan

Kompas.com - 15/02/2023, 10:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa jenis furnitur tertentu tidak hanya dapat membuat rumah terlihat murahan. Akan tetapi, memilh warna cat dinding tertentu juga dapat memberikan efek yang sama.

Dikutip dari Express UK, Rabu (15/2/2023), tidak hanya dapat menurunkan gaya keseluruhan, beberapa warna justru akan membuat rumah terlihat murahan dan tidak menarik. Terlebih lagi, warna seperti itu malah bisa menurunkan nilai jual rumah.

Menurut Ryan McDonough, pakar desain interior di myjobquote.co.uk, berikut beberapa warna cat dinding yang bisa membuat tampilan rumah tampak murahan.

Baca juga: Ingin Mengecat Lemari Dapur? Ini Jenis Cat Terbaik

 

Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna coklat. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna coklat.

1. Coklat tua atau terakota

Meskipun beberapa warna beige dapat memberikan kehangatan, para ahli menyarankan untuk tidak menggunakan warna coklat di dinding rumah.

Warna coklat tua dan terakota dapat membuat rumah Anda terasa gelap, suram, dan kecil. Dengan mengingat hal ini, sebaiknya hindari mengecat seluruh dinding dengan warna ini, saran McDonough.

Dia menyatakan, tidak apa-apa untuk memiliki beberapa aksen warna ini di dekorasi rumah. Namun, itu seharusnya tidak mengesampingkan skema warna.

Memiliki dinding coklat atau terakota telah terbukti bahkan menurunkan nilai jual rumah, yang tidak bagus untuk mereka yang berencana menjual rumah mereka segera. Sebaliknya, saran McDonough, yang terbaik adalah tetap menggunakan warna netral yang hangat.

Baca juga: Aquaproof Hadirkan Tren Warna Cat Pelapis Dinding, Apa Saja?

2. Kuning cerah

Kuning adalah warna lain yang harus dihindari. Menurut McDonough, walaupun kuning adalah warna yang sangat hangat dan cerah, itu adalah warna yang harus dihindari jika Anda tidak ingin rumah terlihat murahan.

Warna yang sangat jenuh ini sangat merangsang emosi Anda, tetapi tidak dengan cara yang baik. Kuning cerah dapat membuat Anda merasa terlalu terstimulasi, terlalu bersemangat, cemas, atau gugup, ujar dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com