Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/02/2023, 13:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Angi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemajuan teknologi telah mengubah cara dan kebiasaan orang-orang, termasuk berbelanja online atau daring. 

Saat ini, tren berbelanja online telah menjadi hal biasa dan terus meningkat, terlebih sejak pandemi virus Covid-19. 

Baca juga: 7 Hal yang Menyebabkan AC Tidak Bisa Dimatikan

Hampir semua kebutuhan bisa dibeli secara daring. Namun, bagaimana dengan AC atau pendingin udara, bolehkah membelinya secara online?

Tak dipungkiri bahwa banyak orang yang mencari AC dengan menelusuri pilihan secara online. Namun, membeli unit AC tidak seperti membeli pakaian yang bisa ditambahkan ke keranjang belanja Anda. 

Maka itu, Anda harus meneliti semua merek dan model AC sebelum memutuskan membeli AC secara online. Selain itu, ada juga fitur dan reputasi penjual yang perlu dipertimbangkan. 

Baca juga: Cara Mengatasi Unit AC Outdoor yang Berisik

Haruskah membeli AC secara online atau toko langsung? 

Ilustrasi AC. Shutterstock/evrymmnt Ilustrasi AC.
Banyak merek AC yang dilengkapi dengan garansi suku cadang terbatas. Namun, garansi tidak lagi tersedia jika Anda membeli di situs lelang online yang tidak resmi atau daftar pribadi.

Hal ini dapat membuat Anda harus menanggung semua biaya jika sistem mengalami kerusakan. Biaya perbaikan dan penggantian AC untuk sistem yang tidak resmi dapat sangat mahal jika tidak dibeli melalui produsen. 

Hal ini karena harus memperhitungkan masalah umum yang terkait dengan pembelian yang tidak diketahui, termasuk kualitas yang dipertanyakan, kesalahan pemasangan, dan ukuran yang tidak tepat.

Semua masalah ini dapat menyebabkan kinerja buruk dan mengurangi umur sistem AC. Maka itu, perlu mempertimbangkan semua hal ini sebelum membeli AC secara online. 

Baca juga: 5 Penyebab Suara AC Berisik dan Cara Mengatasinya 

Tips membeli AC secara online

Jika memutuskan membeli AC secara online, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan mendapatkan sistem terbaik dan paling efisien. 

Nah, berikut tips membeli AC secara online dikutip dari Angi, Senin (20/2/2023).

  • Pertimbangkan ukuran unit yang dibutuhkan

Ilustrasi AC di kamar tidur. Shutterstock/JR-stock Ilustrasi AC di kamar tidur.
Unit AC harus memiliki ukuran tepat untuk rumah Anda. Ini mungkin sulit diidentifikasi tanpa bantuan kontraktor berpengalaman.

Kontraktor bersertifikat akan memperkirakan ukuran AC yang dibutuhkan dengan memperhitungkan luas ruangan, jumlah jendela, dan iklim rumah Anda sebelum melakukan perhitungan beban Manual J. 

Baca juga: 5 Penyebab Suara AC Berisik dan Cara Mengatasinya

Ukuran sistem yang tepat, diukur dalam BTU dan ton, sangat penting untuk kinerja jangka panjang dan kepuasan sistem secara keseluruhan.

AC yang terlalu besar akan mendinginkan rumah terlalu cepat sehingga menimbulkan titik panas dan dingin serta tingkat kelembapan yang tidak nyaman.

Namun, sistem AC yang terlalu kecil membuatnya terus bekerja, meningkatkan tagihan energi, serta memberikan beban lebih besar pada sistem Anda. 

Baca juga: AC Inverter atau Non-Inverter yang Lebih Baik untuk Ruangan?

  • Waspadai situs lelang

Baik situs lelang maupun iklan pribadi di pasar online besar, AC, pompa panas, atau tungku yang dibeli dari sumber online yang tidak resmi dapat membatalkan garansi Anda.

Sebaiknya, membeli AC melalui produsen atau toko resmi. Jadi, Anda perlu memperhatikannya saat membeli AC secara online. Pilih toko resmi, tepercaya, dan mendapati penilaian positif dari pembeli sebelumnya.

Sistem HVAC akan memberikan dampak terbesar pada kenyamanan rumah, jadi pastikan meluangkan waktu memilih sistem yang tepat untuk rumah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Angi
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com