Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Kucing Siam Jantan dan Betina yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 27/02/2023, 11:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Hepper

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing Siam adalah salah satu ras kucing populer di dunia. Untuk Anda yang ingin memelihara kucing ini, Anda perlu mengetahui perbedaan kucing Siam jantan dan betina.

Dikutip dari Hepper, Senin (27/2/2023), perbedaan-perbedaan ini dapat memengaruhi kondisi mereka saat berada di lingkungan tempat tinggal Anda. Misalnya, kucing Siam jantan dikenal lebih penyayang dan suka diemong, terlebih lagi saat dikebiri, sedangkan betina cenderung lebih mandiri.

Penting untuk memahami dengan baik perbedaan antara kucing Siam jantan dan betina untuk memastikan Anda memilih kucing yang tepat untuk dipelihara.

Baca juga: 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing yang Tidak Akur di Rumah

Ilustrasi kucing Siam. SHUTTERSTOCK/NILS JACOBI Ilustrasi kucing Siam.

Berikut beberapa perbedaan kucing Siam jantan dan betina.

Perbedaan visual

Tinggi rata-rata kucing Siam jantan dan betina adalah antara 8 hingga 12 inci. Sementara itu, berat badannya antara 4 hingga 7 kg.

Sekilas fakta kucing Siam

Kucing siam adalah kucing yang cantik dengan penampilan yang halus, berkat anggota tubuhnya yang kurus dan tubuh yang memanjang. Mereka dikenal sebagai salah satu ras kucing yang cerewet, sering mengeong pada pemiliknya sepanjang hari.

Kucing-kucing ini telah ada sebagai ras kucing sejak tahun 1300 hingga 1700-an. Mereka berasal dari Siam, yang saat ini adalah Thailand.

Baca juga: Ragam Alasan Kucing Duduk seperti Manusia

Kucing Siam populer di Eropa dan AS sejak tahun 1800-an. Salah satu legenda mengklaim bahwa kucing Siam langka dan membawa keberuntungan dan kekayaan bagi pemiliknya.

Ras kucing ini memiliki tampilan yang berbeda karena fitur-fiturnya yang runcing. Muncul dalam berbagai warna, tetapi warna kucing Siam menampilkan tubuh berwarna terang dengan tanda berwarna coklat anjing laut di wajah, telinga, dan bagian tubuh lainnya berwarna lebih sejuk.

Halaman:
Sumber Hepper
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com