Kompas.com - 25/05/2022, 13:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Labrador Retriever adalah salah satu ras anjing populer di dunia, terlebih Amerika Serikat. 

Di Negara Pam Sam tersebut, Labrador Retriever menduduki puncak daftar ras paling populer selama 28 tahun berturut-turut. Alasannya, anjing ini dikenal lincah, penyayang, energik, dan ramah keluarga. 

Baca juga: 5 Bahaya yang Harus Diwaspadai Saat Mengajak Anjing Berjalan di Luar

Meski menyandang nama Labrador, ras anjing ini berasal dari Newfoundland, Kanada. Di sana, Labrador Retriever bekerja sebagai pemelihara bebek dan membantu nelayan sampai akhirnya bangsawan Inggris membawa ras anjing ini ke negaranya pada abad ke-19 dan mulai menyempurnakan dan menstandarkannya. 

Nah, dilansir dari American Kennel Club (AKC), Rabu (25/5/2022), berikut sejumlah fakta unik Labrador Retriever yang perlu diketahui. 

Baca juga: Stop Memberikan Anjing Peliharaan Minum Kopi, Ini Bahayanya

Labrador Retriever menyukai air 

Ilustrasi anjing berenang untuk mengatasi cuaca panasSHUTTERSTOCK/Wasitt Hemwarapornchai Ilustrasi anjing berenang untuk mengatasi cuaca panas
Labrador Retriever merupakan salah satu ras anjing yang menyukai air dan bisa berenang. Ini tak terlepas dari bentuk tubuh mereka yang telah dibuat untuk hal tersebut.

Misalnya, ekor tebal Labrador (kadang-kadang disebut "ekor berang-berang") digunakan sebagai kemudi yang kuat, kaki berselaput membantunya berenang dengan cepat, serta mantel tebal dan tahan air membuatnya tetap bahagia meski berada di air dingin seperti perairan Newfoundland—tempat pertama kali anjing Labrador dibesarkan.

Semua sifat ini menjadikan Labrador pesaing hebat dalam uji coba Dock Diving—olahraga melompat di air untuk anjing. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Groomer yang Tepat untuk Anjing Peliharaan 

Anjing pemburu yang dikembangbiakkan 

Seperti dijelaskan sebelumnya, Labrador Retriever awalnya sebagai anjing pengembala bebek. Setelah dibawa kembali ke Inggris pada 1800-an, Inggris membiakkannya sebagai teman berburu.

Saat ini, Labrador Retriever menjadi anjing pemburu yang sangat baik dan dapat bekerja di berbagai lingkungan, termasuk berburu unggas air. Ini salah satu fakta unik Labrador Retriever yang cukup banyak diketahui. 

Anjing pekerja paling serbaguna 

Ilustrasi anjing di taman, ilustrasi Labrador Retriever.Unsplash/Angel Luciano Ilustrasi anjing di taman, ilustrasi Labrador Retriever.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber akc.org
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.