Kompas.com - 25/05/2022, 11:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Microwave menjadi peralatan elektronik yang paling diandalkan untuk menghangatkan makanan dalam waktu singkat. 

Akan tetapi, ketika menggunakannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya wadah yang digunakan. 

Baca juga: 7 Bahan Alami yang Ampuh Menghilangkan Bau Tak Sedap di Microwave

Ada beberapa jenis wadah yang aman dan tidak boleh dimasukkan ke microwaveLantas, bagaimana dengan wadah plastik yang bertuliskan aman untuk microwave atau "microwave safe?

Dilansir dari Mind Body Green, Rabu (25/5/2022), berlawanan dengan kepercayaan populer, label "microwave safe" pada wadah plastik bukan kartu bebas yang berarti wadah aman digunakan untuk microwave.  

Baca juga: Wadah Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dimasukkan ke Microwave

Meski ada tingkatan jenis plastik mana yang menjadi ancaman, label ini tidak ada hubungannya dengan kesehatan Anda.

Label “microwave safe” bukan berarti bahan kimia tidak akan larut dari wadah ke dalam makanan saat menggunakan microwave, melainkan wadah plastik dapat menahan panas oven tanpa melelah. 

Baca juga: Simak, Ini Panduan Aman Membersihkan Microwave Secara Menyeluruh 

Mengapa wadah plastik tidak dianjurkan untuk microwave?

Ilustrasi microwave Shutterstock/goffkein.pro Ilustrasi microwave
BPA adalah bahan kimia untuk membuat plastik yang dikenal paling tidak aman. Namun, kenyataannya ada banyak bahan kimia yang digunakan untuk memproduksi plastik yang dapat merugikan kesehatan.

Bahan kimia yang berkontribusi pada struktur dan stabilisasi plastik seperti ftalat, BPA, BPS, PCB, stirena, dan dioksin dapat mempengaruhi kadar hormon dan kesuburan, kesehatan metabolisme, serta keseimbangan fisiologis secara keseluruhan.

Leonardo Trasande, dokter anak, penulis, dan profesor NYU, mengatakan pada tingkat mikroskopis, plastik akan diserap ke dalam makanan dengan panas. 

Baca juga: Seberapa Sering Microwave Harus Dibersihkan? 

Menurut Trasande, cara terbaik menghindari menelan plastik tersebut adalah menjauhkannya dari microwave sama sekali. 

Sebagai gantinya, gunakan wadah kaca atau mangkuk keramik saat ingin memanaskan makanan ke dalam microwave. Wadah ini lebih aman dan tidak akan mencemari makanan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.