Kompas.com - 05/05/2022, 16:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sayur dan buah-buahan merupakan nutrisi yang bagus untuk menjaga pola makan tetap sehat, termasuk untuk hewan peliharaan seperti anjing

Namun, bolehkan langsung memberikan sayuran kepada anjing? 

Baca juga: 5 Tips Memilih Groomer yang Tepat untuk Anjing Peliharaan 

Dilansir dari Web MD, Kamis (5/5/2022), anjing adalah omnivora yang berarti bisa mengonsumsi daging dan tumbuhan.

Banyak makanan anjing komersial dibuat dari sayuran dan buah-buahan bersama dengan daging serta biji-bijian. Produk-produk ini juga dibuat untuk memasukkan semua nutrisi yang dibutuhkan anjing untuk menjadi sehat.

Jadi, meski anjing tidak benar-benar membutuhkan sayuran dan buah-buahan tambahan dalam makanan sehari-harinya, hal itu tidak akan membuatnya sakit. 

Baca juga: 6 Perabotan Rumah Tangga yang Dapat Membuat Anjing Ketakutan

Namun, banyak pemilik anjing yang memilih memberikan sayuran dan buah-buah untuk pada sahabat bulu. Sayuran dan buah ini bisa menjadi nutrisi tambahan yang baik untuk anjing peliharaan

Akan tetapi, tidak semua sayuran dan buah boleh diberikan pada anjing peliharaan. Berikut ini daftar sayuran dan buah yang boleh diberikan kepada anjing peliharaan; 

Baca juga: 6 Tips Membuat Anjing Peliharaan Lebih Sehat dan Berumur Panjang

Apel

Apel mudah membusuk dan hilang kesegarannya jika disimpan di ruangan yang bersuhu tidak stabil.Unsplash/Eiliv Sonas Aceron Apel mudah membusuk dan hilang kesegarannya jika disimpan di ruangan yang bersuhu tidak stabil.
Apel adalah sumber vitamin A dan C yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu anjing. Apel juga rendah lemak serta merupakan sumber serat yang baik. Namun, perlu diingat untuk tidak memberi anjing secara utuh atau bijinya.

Wortel, pisang, dan kacang-kacangan

Wortel, kacang polong, kacang hijau, ubi jalar, dan pisang dikemas dengan vitamin penting bersama dengan potasium yang baik untuk otot, saraf, juga ginjal anjing. Serat mereka juga dapat membantu anjing teratur membuang air besar. 

Baca juga: 14 Ras Anjing yang Jarang Mengalami Kerontokan Bulu

Jeruk

Jeruk adalah sumber vitamin C yang bagus. Anjing kecil dapat memakan hingga sepertiga dari jeruk ukuran penuh, sementara anak anjing besar dapat memakan semuanya. Pastikan untuk mengupasnya dan membuang bijinya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Web MD
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.