Kompas.com - 25/05/2022, 11:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pupuk adalah kunci untuk menyuburkan dan menyehatkan tanaman. Ada banyak jenis pupuk yang bisa digunakan, di antaranya pupuk kimia dan pupuk organik.

Selain itu, Anda juga bisa membuat pupuk sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan.

Nah, dilansir dari Express Daily UK, Rabu (25/5/2022), berikut empat bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat pupuk tanaman. 

Baca juga: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Pupuk Organik

Garam epsom

Ilustrasi garam epsom. SHUTTERSTOCK/INEWSFOTO Ilustrasi garam epsom.
Untuk membuat pupuk dari garam epsom, larutkan satu sendok makan garam epsom ke dalam lima liter air, kemudian kocok larutan secara menyeluruh, dan gunakan untuk menyiram tanaman

Gunakan pupuk garam epsom ini sebulan sekali untuk menyiram tanaman selama musim tanam. Garam epsom terdiri atas magnesium dan sulfat yang merupakan nutrisi penting bagi tanaman. 

Beberapa tanaman yang menyukai magnesium adalah tanaman hias, mawar, paprika, tomat, dan kentang. Gunakan pupuk ini sebagai pengganti makanan tanaman mawar, pupuk nabati, atau makanan tanaman hias. 

Baca juga: Selain Menyuburkan, Ini 7 Manfaat Garam Epsom untuk Tanaman  

Ampas kopi 

Lapisi selembar kertas tahan minyak dengan koran, lalu sebarkan ampas kopi bekas, dan biarkan ampas kopi benar-benar mengering. Setelah kering, taburkan tanah di sekitar pangkal tanaman yang menyukai asam.

Ampas kopi berfungsi karena kaya akan nitrogen, magnesium, dan potasium yang merupakan nutrisi penting untuk tanaman.

Para ahli berkebun mengatakan ampas kopi secara alami juga bersifat asam sehingga dapat membantu meningkatkan keasaman tanah. 

Azalea, mawar, rhododendron, dan blueberry hanyalah beberapa tanaman yang akan mendapat manfaat dari pupuk ampas kopi ini. Selain itu, ampas kopi dapat digunakan sebagai pengganti makanan tanaman mawar dan pengasaman tanah. 

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Tanaman dari Bubuk Kopi dan Cangkang Telur 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.