Kompas.com - 24/05/2022, 07:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berjalan bersama anjing peliharaan memiliki banyak manfaat, baik bagi sahabat bulu maupun pemiliknya. Sesuatu yang oleh para peneliti dijuluki "efek Lassie."

Untuk pemilik anjing, mengajak sahabat bulu berjalan-jalan dapat membantu memenuhi rekomendasi waktu olahraga mingguan, bahkan menurunkan risiko diabetes, tekanan darah tinggi, dan radang sendi. 

Baca juga: 4 Hal yang Membuat Anjing Senang Berguling-guling di Rumput

Sedangkan untuk anjing, jalan-jalan secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit serta membantu menjaga berat badannya tetap terkendali.

Meski bermanfaat, ada beberapa bahaya tertentu yang dapat mengintai anjing peliharaan saat berjalan di luar ruangan.

Dikutip dari Mental Floss, Selasa (24/5/2022), Stephanie Liff, dokter hewan sekaligus pemilik Pure Paws Veterinary Care di Manhattan, Amerika Serikat, membagikan beberapa bahaya yang umum ditemui saat mengajak anjing berjalan-jalan. 

Baca juga: Stop Memberikan Anjing Peliharaan Minum Kopi, Ini Bahayanya

Rumput yang menggunakan pestisida 

Ilustrasi rumput. PIXABAY/ALEXAS_FOTOS Ilustrasi rumput.
Beberapa rumput di taman menggunakan produk kimia seperti pestisida untuk tetap sehat dan mengusir serangga. Namun, ini bisa berbahaya bagi anjing, apalagi anjing sering kali berguling-guling di rumput.

Ini bisa menyebabkan ruam atau gatal-gatal pada tubuh anjing. "Anjing mungkin gatal atau beberapa mengalami muntah," kata Liff.

Untuk mengatasi, mencuci dengan sabun cuci piring adalah ide bagus. Namun, bila iritasi masih berlanjut, hubungi dokter hewan untuk mendapat perawatan lebih lanjut. 

Selain itu, berhati-hati agar anjing peliharaan tidak menelan rodentisida, yang merupakan blok racun yang ditemukan di dekat semak-semak dan dimaksudkan untuk membunuh tikus.

Rodentisida bisa menyebabkan pendarahan internal, kelesuan, batuk, dan lemas pada anjing sehingga harus segera mendapat penanganan. 

Baca juga: 5 Alasan Anjing Peliharaan Perlu Menggunakan Muzzle 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.