Kompas.com - 29/04/2022, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada kalanya anjing peliharaan yang biasa terlihat ceria dan energik berubah menjadi murung, cemas, danketakutan.

Perubahan perilaku ini bisa disebabkan beberapa faktor, dari alam seperti suara petir, masalah kesehatan, hingga perabotan rumah tangga.

Baca juga: 14 Ras Anjing yang Jarang Mengalami Kerontokan Bulu

Disadur dari 21 Oak, Jumat (29/4/2022), sebuah studi dari Compare the Market—sebuah situs perbandingan harga di Inggris— menemukan, empat dari lima anjing merasa takut pada setidaknya satu peralatan rumah tangga.

Compare the Market melakukan survei terhadap 1.000 pemilik anjing peliharaan untuk mempelajari lebih lanjut tentang rasa cemas dan takut yang dialami sahabat bulu di rumah.

Mereka bertanya kepada pemilik anjing mengenai benda mana yang menyebabkan anjing peliharaan paling sering berselisih dan bagaimana anjing bereaksi terhadap penyebab stres.

Baca juga: Anjing Peliharaan Suka Muntah di Karpet? Ini Alasannya

Ilustrasi anjing, anjing ketakutan dan fobia, anjing sakitUnsplash/Ruby Schmank Ilustrasi anjing, anjing ketakutan dan fobia, anjing sakit

Melalui studi ini, terungkap ada enam perabotan rumah tangga yang dapat membuat anjing ketakutan, yakni:

Baca juga: 8 Cara Menghentikan Kebiasaan Menggigit pada Anjing Peliharaan

Perabotan rumah tangga yang ditakuti anjing peliharaan

Penyedot debu menjadi perabotan rumah tangga yang paling menakutkan bagi anjing peliharaan. Sebanyak 45 persen pemilik anjing melaporkan sahabat bulu tidak tahan dengan alat pembersih ini.

Berdasarkan hasil penelitian, anjing peliharaan cenderung tidak menyukai perabotan rumah tangga yang mengeluarkan suara keras.

Anjing menunjukkan berbagai perilaku sebagai respons terhadap enam perabotan ini. Sekitar 20 persen anjing menunjukkan tanda-tanda agresi seperti saat ada musuh yang mendekat.

Baca juga: 6 Perilaku dan Emosi Anjing yang Mirip dengan Manusia, Apa Saja?

Selain itu, anjing mulai menggonggong secara berlebihan, mengunyah, atau mencoba menyerang benda tersebut saat merasa terancam.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber 21 Oak
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.