Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/04/2022, 07:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada ratusan ras anjing di seluruh dunia. Namun demikian, ada beberapa ras anjing yang hanya memiliki warna bulu putih, sejak lahir hingga tua.

Dikutip dari The Spruce Pets, Selasa (12/4/2022), banyak dari ras anjing putih ini adalah anjing kecil yang lucu dan menggemaskan. Akan tetapi, ada juga yang merupakan anjing besar yang kuat.

Bahkan, beberapa ras anjing memiliki bulu putih bersih panjang yang cocok dengan lingkungan pegunungan bersalju, seperti anjing Samoyed, Great Pyrenees, dan Japanese Spitz. Selain itu, sebagian merupakan anjing gembala.

Baca juga: Bisa Bahaya, Ketahui Tanda-tanda Anjing Dehidrasi

Berikut beberapa ras anjing warna putih yang lucu dan menggemaskan, hingga anjing besar dan kuat namun cocok menjadi sahabat manusia.

Ilustrasi ras anjing Samoyed. PIXABAY/NIKOL Ilustrasi ras anjing Samoyed.

1. Samoyed

Samoyed adalah anjing berukuran sedang hingga besar yang berwarna putih dari ujung kepala hingga ujung kaki. Sifat bulu yang tebal dan halusnya sangat masuk akal jika mengingat bahwa jenis anjing ini berasal dari Siberia.

Penduduk asli Samoyed menggunakan anjing yang kuat dan tahan cuaca dingin ini untuk menggembalakan rusa kutub, menarik kereta luncur, dan berburu.

Samoyed memiliki ekor yang melingkar dan bulu tebal di lehernya. Meskipun anjing-anjing ini pada umumnya adalah jenis yang hanya berwarna putih, namun beberapa memiliki bulu warna krem sejalan bertambahnya usia. 

Baca juga: Cara Mencuci Tempat Tidur Anjing Peliharaan

2. Maltese

Maltese adalah ras anjing putih terkecil. Anak anjing Maltese rata-rata memiliki berat badan antara 2 sampai 3,5 kilogram dan tingginya tidak sampai 10 inci.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com