Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/03/2022, 19:03 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika hendak memelihara anjing, ada berbagai pertimbangan yang perlu dipikirkan guna membuat sahabat bulu tetap sehat dan nyaman.

Mulai dari, dana untuk perawatan, menyediakan makanan bergizi dan mainan untuk menstimulasi fisik dan mental anjing, hingga meluangkan waktu untuk bermain bersama anjing. 

Baca juga: Penyebab Anjing Peliharaan Terus Menggaruk Tubuhnya

Meski segalanya sudah dipertimbangkan, tidak semua anjing dapat langsung cocok denganmu. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan seperti ras anjing dan ukuran.

Dikutip dari The Spruce, Senin (28/3/2022), berikut tips menemukan anjing terbaik untuk dipelihara. 

Ukuran

Ilustrasi anjing - Anjing ras German Shepherd.PIXABAY / RebaSpike Ilustrasi anjing - Anjing ras German Shepherd.

Anjing memiliki beragam ukuran, dari kecil, medium, hingga besar. Jika tidak tahu harus memilih yang mana, pilih anjing berukuran medium.

Anjing berukuran kecil lebih mudah diajak bepergian, tetapi lebih rentan terhadap cedera. Selain itu, anjing berukuran kecil lebih sensitif terhadap suhu yang lebih dingin serta lebih sering membutuhkan makan dan membuang kotoran. 

Sementara itu, anjing berukuran besar membutuhkan sedikit lebih banyak ruang untuk bergerak demi menghindari cedera eko dan merusak ragam benda di rumah.

Baca juga: 14 Alasan Kamu Harus Memelihara Anjing German Shepherd

Keaktifan

Beberapa ras anjing lebih aktif dari ras lainnya. Meski begitu, setiap anjing membutuhkan  rutinitas olahraga untuk tetap aktif, terlepas dari ras atau ukurannya. Jadi, pastikan kamu dapat memenuhi kebutuhan ini.

Jikatidak sempat mengajak anjing berolahraga atau berjalan-jalan lebih dari satu atau dua kali setiap hari, sebaiknya pilih anjing berenergi rendah seperti Basset hound.

Jika ingin memelihara anjing yang bisa diajak jogging atau melakukan hal aktif lainnya, pertimbangkan ras anjing sepeti Border collie. 

Perlu diketahui, anjing yang terus menggonggong, menggali halaman, dan membuat rumah berantakan sebetulnya memerlukan aktivitas ekstra, pengayaan mental, serta pelatihan tambahan.

Banyak masalah perilaku pada anjing diperburuk oleh kelebihan energi. Lakukan riset untuk memastikan apakah anjing yang diinginkan cocok dengan gaya hidupmu.

Baca juga: Studi Ungkap 10 Menit Bermain dengan Anjing Bisa Kurangi Rasa Sakit

Perawatan fisik

Ilustrasi anjing - Anjing ras Central Asian Shepherd.SHUTTERSTOCK / Degtyaryov Andrey Ilustrasi anjing - Anjing ras Central Asian Shepherd.

Penampilan anjing berkaitan dengan kebutuhan perawatannya. Semua anjing membutuhkan perawatan dasar, tetapi jenis-jenis tertentu membutuhkan lebih banyak perawatan berdasarkan bulunya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com