Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Ras Anjing Asal Asia yang Bisa Dijadikan Hewan Peliharaan

Kompas.com - 01/03/2022, 18:14 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Daily Paws

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada banyak ras anjing di dunia. Ras anjing ini berasal dari berbagai benua, salah satunya Asia. 

Disadur dari Daily Paws, Selasa (1/3/2022), ada sekitar 15 ras anjing yang berasal dari Asia.

Baca juga: 10 Ras Anjing Kecil yang Senang Dipangku Pemiliknya

Aaron Sams, Director of Research and Development, Scientific Product di Embark Veterinary—perusahaan yang menyediakan informasi genetik untuk pengembang biak anjing dan tes DNA untuk pemilik hewan peliharaan, mengungkapkan, pada 11 ribu tahun silam, ada tiga garis keturunan utama anjing, yakni Eurasia Barat, Asia Timur, dan Arktika. 

“Banyak ras yang dikenal saat ini berasal dari Asia dan Arktika dan asal-usulnya dapat dilacak setidaknya lebih dari 1.000 tahun. Beberapa bahkan sedikit lebih jauh (dari 1.000 tahun),” ujar Sams.

Sebaliknya, sebagian besar ras anjing saat ini diketahui memiliki asal-usul dari Eropa baru terbentuk dalam 200 tahun terakhir. Berikut ini ras anjing yang berasal dari Asia. 

Baca juga: Waktu dan Prosedur Membersihkan Gigi Anjing Peliharaan ke Dokter Hewan

Central Asian shepherd

Ilustrasi anjing - Anjing ras Central Asian Shepherd.SHUTTERSTOCK / Degtyaryov Andrey Ilustrasi anjing - Anjing ras Central Asian Shepherd.

Anjing kuno ini berasal dari Kazakhstan, Afghanistan, Iran, dan Tajikistan modern. Ras anjing Central Asian shepherd dipercaya telah berevolusi sendiri selama lebih dari 5.000 tahun, bukan dikembangbiakkan.

Central Asian shepherd juga dikenal dengan nama Central Asian Alabai, Alabay, atau Ovcharka. Mereka adalah anjing berukuran besar, kuat, berkepribadian tenang, serta setia.

Baca juga: Kenali, Ini 3 Jenis Anjing Pudel Utama di Dunia

Shiba inu

Anjing Shiba inu hampir punah setelah Perang Dunia II. Kabarnya, ras anjing ini sudah ada sejak sekitar 300 Sebelum Masehi (SM).

Shiba inu merupakan salah satu dari enam Nihon Ken, yakni sebuah istilah yang menandakan bahwa seekor anjing dianggap sebagai monumen alam nasional Negeri Sakura.

Shar-Pei

Ilustrasi anjing - Anjing ras Shar-Pei.SHUTTERSTOCK / Grisha Bruev Ilustrasi anjing - Anjing ras Shar-Pei.

Garis keturunan anjing ras Shar-Pei sudah ada sejak abad ke-200 SM. Anjing yang wajahnya memiliki lebih banyak kerutan dari Bulldog ini berasal dari Cina.

Baca juga: Studi Ungkap Anjing Peliharaan Mampu Mengenali Suara Pemiliknya

Japanese chin

Meski namanya Japanese chin, ras anjing ini berasal dari Cina. Sams mengungkapkan, mereka sempat dibawa ke Jepang untuk dijadikan sebagai pendamping para pejabat di negara itu.

Tibetan spaniel

Anjing Tibetan spaniel berasal dari wilayah Himalaya di Tibet. Ras anjing ini sudah menjaga biara Buddha lebih dari 2.000 tahun silam.

Siberian husky

Salah satu ras anjing yang cocok untuk diajak hidup aktif adalah Siberian husky. Para sejarawan percaya, nenek moyang Siberian berasal dari serigala Siberian Taimyr di Siberia Timur Laut, yang berada di Asia Utara. 

Baca juga: Kenali, Ini Bedanya Anjing French Bulldog dan English Bulldog 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Daily Paws
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com