Kompas.com - 29/04/2022, 08:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur adalah jantung sebuah rumah, mulai dari menyiapkan sarapan, makan siang, makan malam, hingga camilan, dapur terus sibuk sepanjang hari.

Dengan demikian, area ini perlu dibersihkan secara rutin.

Dilansir Mind Body Green, Jumat (29/4/2022), dua ahli toksisitas dengan pengalaman puluhan tahun, mengatakan, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan di dapur, sehingga menyebabkan area ini lebih kotor dan membahayakan diri. 

Baca juga: 8 Cara Membasmi Cacing dari Saluran Air Kamar Mandi dan Dapur

Ilustrasi cooker hood. SHUTTERSTOCK/PAUL VINTEN Ilustrasi cooker hood.

1. Memasak tanpa exhaust fan atau cooker hood

Ketika dipanaskan, gas dapat melepaskan partikel kecil, karbon monoksida, nitrogen dioksida, dan formaldehida ke udara.

Jika dibiarkan menumpuk, polutan ini dapat mencapai tingkat yang melebihi standar keselamatan udara EPA dan dapat menimbulkan risiko kesehatan.

Untuk alasan ini, Caroline Blazovsky, pendiri My Healthy Home dan ahli biologi bangunan serta konsultan lingkungan Ryan Blaser mengatakan, sangat penting untuk selalu menggunakan exhaust fan atau cooker hood saat Anda memasak.

Blaser menuturkan, Anda dapat dengan mudah mengetahui apakah exhaust fan atau cooker hood beroperasi dengan benar saat memasak beberapa daging, ikan, atau apa pun yang sangat harum.

Baca juga: Catat, 7 Lokasi Dapur yang Tidak Bagus Menurut Feng Shui

"Jika Anda bisa mencium bau daging asap di seberang ruangan atau di ruangan lain, exhaust fan tidak melakukan tugasnya," ungkap Blazovsky.

Dalam hal ini, Anda harus memeriksakannya ke teknisi. Sementara itu, buka jendela-jendela itu dan pasang kipas lain saat Anda memasak untuk memungkinkan ventilasi silang dan meningkatkan aliran udara.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.