Kompas.com - 23/05/2022, 09:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika melihat pemiliknya memakan dan meminum sesuatu, anjing peliharaan sering kali memintanya.

Tak jarang, pemilik anjing pun memberikan sahabat bulu makanan yang mereka konsumsi, bahkan makanan yang beracun bagi anjing seperti kopi atau kafein

Baca juga: 5 Alasan Anjing Peliharaan Perlu Menggunakan Muzzle 

Banyak pemilik anjing yang menganggap bahwa kopi aman dikonsumsi anjing. Dosis harian kafein penting untuk kesehatan Anda, tetapi ini tidak berlaku untuk anjing. 

Dilansir dari Mentall Floss, Senin (23/5/2022), menurut American Kennel Club—Badan Pengasuhan Anjing di Amerika Serikat—kopi yang begitu menarik bagi manusia bisa menjadi malapetaka bagi hewan peliharaan, termasuk anjing. 

Anjing sangat sensitif terhadap kafein. Selain memberikan ledakan energi, mengonsumsi kopi dapat meningkatkan detak jantung anjing ke tingkat yang berbahaya, terutama untuk anjing yang lebih kecil. 

Baca juga: 6 Tips Membuat Anjing Peliharaan Lebih Sehat dan Berumur Panjang

Ilustrasi anjing, mengajak anjing berjalanUnsplash/Brady Wakely Ilustrasi anjing, mengajak anjing berjalan
Ada beberapa gejala keracunan kafein yang ditunjukkan pada anjing, di antaranya napas terengah-engah, muntah, gelisah, suhu tubuh meningkat, juga detak jantung tidak normal. 

Karena itu, bila tak sengaja melihat atau memberikan anjing kopi—baik dalam bentuk biji, cairan, atau bubuk—penting untuk segera mengambil tindakan. 

Seperti beberapa zat beracun lainnya bagi anjing, sejumlah kecil kopi tidak akan membunuh sahabat bulu. Namun, Anda tetap perlu mengkhawatirkan dan mengamati tanda-tanda saat anjing mengonsumsi kopi. 

Baca juga: 6 Perabotan Rumah Tangga yang Dapat Membuat Anjing Ketakutan

Situasi yang lebih serius adalah saat anjing peliharaan mengonsumsi bubuk kopi atau biji kopi, yang memiliki konsentrasi kafein lebih tinggi daripada kopi yang diseduh. 

Dalam kasus yang lebih parah, anjing yang meminum kopi dapat menyebabkan koma, kejang, bahkan kematian. Ketika mendapati anjing meminum kopi atau memakan ampas dari tempat sampah, segera menghubungi dokter hewan atau bantuan racun hewan peliharaan sebelum kondisinya memburuk.

Jika dokter hewan mengatakan anjing dalam kondisi bahaya, dokter akan membantu anjing untuk muntah atau memberinya cairan atau arang aktif untuk menyerap racun. 

Baca juga: 14 Ras Anjing yang Jarang Mengalami Kerontokan Bulu

Setiap pemilik anjing ingin menjaga hewan peliharaannya tetap aman, tetapi racun berbahaya sering bersembunyi di tempat yang tidak diduga. 

Karena itu, jauhkan segala bentuk kopi dari rumah atau tempat yang sulit dijangkau anjing. Bila Anda ingin mengonsumsi kopi, pastikan menghabiskannya, buang ampas kopi dengan aman, dan langsung mencuci gelas demi mencegah anjing mencicipinya secara diam-diam. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.