Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stop Memberikan Anjing Peliharaan Minum Kopi, Ini Bahayanya

Kompas.com - 23/05/2022, 09:03 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika melihat pemiliknya memakan dan meminum sesuatu, anjing peliharaan sering kali memintanya.

Tak jarang, pemilik anjing pun memberikan sahabat bulu makanan yang mereka konsumsi, bahkan makanan yang beracun bagi anjing seperti kopi atau kafein

Baca juga: 5 Alasan Anjing Peliharaan Perlu Menggunakan Muzzle 

Banyak pemilik anjing yang menganggap bahwa kopi aman dikonsumsi anjing. Dosis harian kafein penting untuk kesehatan Anda, tetapi ini tidak berlaku untuk anjing. 

Dilansir dari Mentall Floss, Senin (23/5/2022), menurut American Kennel Club—Badan Pengasuhan Anjing di Amerika Serikat—kopi yang begitu menarik bagi manusia bisa menjadi malapetaka bagi hewan peliharaan, termasuk anjing. 

Anjing sangat sensitif terhadap kafein. Selain memberikan ledakan energi, mengonsumsi kopi dapat meningkatkan detak jantung anjing ke tingkat yang berbahaya, terutama untuk anjing yang lebih kecil. 

Baca juga: 6 Tips Membuat Anjing Peliharaan Lebih Sehat dan Berumur Panjang

Ilustrasi anjing, mengajak anjing berjalanUnsplash/Brady Wakely Ilustrasi anjing, mengajak anjing berjalan
Ada beberapa gejala keracunan kafein yang ditunjukkan pada anjing, di antaranya napas terengah-engah, muntah, gelisah, suhu tubuh meningkat, juga detak jantung tidak normal. 

Karena itu, bila tak sengaja melihat atau memberikan anjing kopi—baik dalam bentuk biji, cairan, atau bubuk—penting untuk segera mengambil tindakan. 

Seperti beberapa zat beracun lainnya bagi anjing, sejumlah kecil kopi tidak akan membunuh sahabat bulu. Namun, Anda tetap perlu mengkhawatirkan dan mengamati tanda-tanda saat anjing mengonsumsi kopi. 

Baca juga: 6 Perabotan Rumah Tangga yang Dapat Membuat Anjing Ketakutan

Situasi yang lebih serius adalah saat anjing peliharaan mengonsumsi bubuk kopi atau biji kopi, yang memiliki konsentrasi kafein lebih tinggi daripada kopi yang diseduh. 

Dalam kasus yang lebih parah, anjing yang meminum kopi dapat menyebabkan koma, kejang, bahkan kematian. Ketika mendapati anjing meminum kopi atau memakan ampas dari tempat sampah, segera menghubungi dokter hewan atau bantuan racun hewan peliharaan sebelum kondisinya memburuk.

Jika dokter hewan mengatakan anjing dalam kondisi bahaya, dokter akan membantu anjing untuk muntah atau memberinya cairan atau arang aktif untuk menyerap racun. 

Baca juga: 14 Ras Anjing yang Jarang Mengalami Kerontokan Bulu

Setiap pemilik anjing ingin menjaga hewan peliharaannya tetap aman, tetapi racun berbahaya sering bersembunyi di tempat yang tidak diduga. 

Karena itu, jauhkan segala bentuk kopi dari rumah atau tempat yang sulit dijangkau anjing. Bila Anda ingin mengonsumsi kopi, pastikan menghabiskannya, buang ampas kopi dengan aman, dan langsung mencuci gelas demi mencegah anjing mencicipinya secara diam-diam. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com