Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2023, 08:03 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing termasuk hewan yang cerdas dan berakal budi. Tak heran, kucing memiliki daftar panjang hal-hal yang disukai maupun yang tidak disuka. 

Pada umumnya, hal-hal yang disukai kucing adalah sesuatu yang sama dengan manusia sukai, seperti makanan segar dan lezat, tidur siang yang panjang di tempat nyaman, dan berbagai aktivitas menyenangkan.  

Baca juga: 4 Penyebab Kucing Tidak Mengeong yang Perlu Diketahui Pemilik

Namun, sama dengan manusia, hal-hal yang dianggap menarik, menyenangkan, atau mengasyikkan oleh kucing ini dapat berubah seiring bertambahnya usia.

Kucing mungkin menyukai mainan yang terbuat dari bulu pada suatu hari, tetapi menganggapnya membosankan pada hari berikutnya.

Sebagai "orang tua" kucing, tugas Anda adalah mengenali kapan minat kucing peliharaan terhadap sesuatu berubah sehingga dapat menjaganya tetap bahagia, sehat, juga aktif.

Meski kesukaan dapat bervariasi dari satu kucing ke kucing lainnya, setidaknya ada tujuh hal yang disukai kucing seperti dikutip dari The Spruce Pets, Selasa (18/7/2023), berikut ini. 

Baca juga: Ragam Alasan Kucing Melompat ke Meja Dapur dan Cara Menghentikannya

Kucing suka tidur siang

Ilustrasi kucing American shorthair. Shutterstock/Himawari7972 Ilustrasi kucing American shorthair.
Bukan rahasia lagi bahwa kucing suka tidur. Faktanya, rata-rata kucing tidur selama 12-16 jam per hari. Karena makhluk nokturnal, kucing tidur hampir sepanjang hari. 

Perlu diingat, anak kucing dan kucing senior akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur dibanding kucing dewasa.

Namun, jika Anda khawatir kucing peliharaan tidur terlalu banyak atau sedikit, bicarakan dengan dokter hewan tentang apa yang normal untuk ras, usia, tingkat aktivitas, serta ukurannya. 

Baca juga: 6 Penyebab Kucing Menggigit Kabel Listrik dan Cara Menghentikannya

Kucing suka merawat dan diperlakukan dengan baik

Selanjutnya, hal yang disukai kucing adalah suka merawat dan diperlakukan dengan baik. Tahukah Anda kucing dewasa menghabiskan sekitar separuh dari waktu bangun tidurnya untuk merawat diri atau grooming. Ini adalah bagian penting dari kehidupan kucing. 

Ada beberapa alasan kucing mendedikasikan begitu banyak waktu untuk grooming. Ini tidak hanya menjaga kucing tetap bersih, tetapi juga mencegah predator dan mangsa mendeteksinya.

Dengan menjilati bulunya, kucing menghilangkan bau yang telah diserapnya sehingga predator mengincarnya.   

Baca juga: Cara Mencegah Kucing Liar Buang Air Besar di Halaman Rumah

Kucing menyukai makanan segar dan bergizi

Ilustrasi kucing American bobtail.Shutterstock/yhelfman Ilustrasi kucing American bobtail.
Kecil kemungkinan Anda ingin menyantap sepiring besar makanan basi saat makan malam. Hal yang sama berlaku untuk kucing.

Makanan basi tidak hanya terasa tak enak, tapi juga dapat menumbuhkan jamur atau menjadi inang bagi berbagai jenis bakteri, seperti Salmonella dan Staphylococcus.

Setiap kali Anda memberikan makanan untuk kucing, pastikan memeriksa tanggal kedaluwarsa pada makanan basah dan kering demi memastikan Anda memberinya makanan yang segar, bergizi, dan aman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com