Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Ras Anjing Penjaga Terbaik untuk Rumah dan Keluarga

Kompas.com - 16/07/2023, 08:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa anjing terlahir dengan naluri sebagai anjing penjaga sehingga menjadikannya pilihan tepat untuk melindungi Anda, keluarga, atau properti Anda. 

Ras anjing terbaik untuk perlindungan biasanya memiliki rasa kesetiaan yang kuat terhadap Anda dan keluarga Anda, sangat waspada, jeli, serta bertindak dengan patuh. 

Baca juga: 7 Ras Anjing Pendamping yang Menggemaskan dan Setia

Anjing penjaga yang ideal biasanya bertubuh besar, tidak mudah takut, dan responsif terhadap pelatihan. 

Selain itu, anjing penjaga tak kenal takut, tetapi tidak boleh agresif. Anjing yang besar dan kuat dapat menyebabkan cedera atau lebih buruk lagi.

Anjing penjaga harus memiliki pelatihan kepatuhan sehingga dapat belajar bagaimana mengendalikan anjing serta mencapai keseimbangan antara melindungi dan menyerang. 

Dilansir dari The Spruce Pets, Minggu (16/7/2023), berikut sejumlah ras anjing penjaga untuk rumah dan keluarga. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Anjing Goldendoodle, Campuran Golden dan Pudel

Akita

Ilustrasi anjing Akita inu.Shutterstock/TatyanaPanova Ilustrasi anjing Akita inu.
Akita adalah salah satu ras anjing paling setia. Dikembangbiakkan untuk menjaga keluarga kerajaan dan bangsawan pada masa feodal Jepang, ras yang berani dan waspada ini secara alami mencurigai orang asing.

Akita akan menjaga Anda dan keluarga setiap saat. Ras anjing ini melakukan tugas ini dengan serius dan biasanya akan melakukan tugas penjagaan dengan sedikit atau tanpa pelatihan.

Ras anjing ini membutuhkan pelatihan kepatuhan atau Anda dapat mempertimbangkan pelatihan anjing penjaga untuk mempertajam kemampuannya.

Sama dengan semua anjing, Akita membutuhkan sosialisasi tepat untuk membantu mencegah sikap tidak patuh atau agresi yang tidak perlu. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Anjing Chow Chow, Lidah Berwarna Biru dan Suka Sendiri

Belgian malinois

Selanjutnya, ras anjing penjaga untuk rumah dan keluarga adalah Belgian malinois. Anjing ini menjadi ras favorit kepolisian dan militer karena kelincahan, kemampuan pencarian dan penyelamatan, kuat, dan kemampuannya untuk dilatih.

Anjing Belgian malinoismemiliki tingkat energi tinggi dan berkembang pesat ketika memiliki tugas yang harus dilakukan.

Anjing ini harus mendapatkan pelatihan khusus, sosialisasi tepat, dan banyak latihan setiap hari agar merasa nyaman dalam situasi baru atau asing.  

German shepherd

Ilustrasi anjing German shepherd Shutterstock/Dmitry Kalinovsky Ilustrasi anjing German shepherd
Mirip dalam penampilan dan temperamen dengan Belgian malinois, German shepherd adalah ras anjing yang intens dan aktif, yang juga disukai sebagai anjing polisi atau militer.

German shepherd menunjukkan rasa kesetiaan yang mendalam terhadap anggota keluarganya. Sama dengan anjing pelindung lainnya, pelatihan sangat penting untuk menjaga agar anjing ini tetap fokus sebagai anjing penjaga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com