Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ras Anjing Pendamping yang Menggemaskan dan Setia

Kompas.com - 14/07/2023, 19:20 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing pendamping membawa konsep "sahabat manusia" ke tingkat yang lebih tinggi. Anjing pendampingumumnya paling bahagia saat bersama dengan kelompok manusianya.

Meski beberapa ras dilahirkan untuk bekerja seperti menggembala ternak atau menjaga properti, anjing pendamping biasanya senang duduk di samping pemiliknya serta terlibat dalam aktivitas apa pun yang Anda lakukan. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Anjing Goldendoodle, Campuran Golden dan Pudel

Ras anjing pendamping memiliki karakteristik menyenangkan, ramah, dan sangat penyayang. Anjing pendamping bisa dari ras anjing terbesar dan terkecil serta anjing dengan tingkat energi berbeda-beda.  

Meski demikian, ras anjing pendamping membutuhkan pelatihan dan sosialisasi yang cukup untuk menjadikannya pendamping yang cocok.

Selain itu, penting diingat, kepribadian individu dalam suatu ras bisa sangat berbeda.

Dilansir dari The Spruce Pets, Jumat (14/7/2023), berikut sejumlah ras anjing pendamping yang menggemaskan dan setia.

Papillon

Ilustrasi anjing Papillon.Shutterstock/Vika Dubrovskaya Ilustrasi anjing Papillon.
Dengan ekspresi yang hidup dan telinga seperti kupu-kupu, Papillon selalu siap untuk bersenang-senang. Anjing pendamping kecil ini adalah favorit bangsawan Eropa dan dicintai  anak-anak karena sifatnya yang menyenangkan.

Papillon berukuran mungil, tapi cukup energik dan cerdas sehingga membutuhkan cukup banyak latihan harian serta stimulasi mental. 

Baca juga: Alasan Anjing Mengikuti Pemiliknya di Rumah

Chihuahua  

Chihuahua cenderung mengembangkan ikatan kuat dengan pemiliknya dan senang menghabiskan waktu bersama manusianya, terutama dengan meringkuk di pangkuan mereka. 

Ini menjadikan Chihuahua sebagai ras anjing pendamping yang menggemaskan dan setia. Anjing ini memiliki energi relatif rendah dan beradaptasi dengan kehidupan di rumah atau apartemen dengan baik.

Namun, Chihuahua selalu waspada dan akan menggonggong jika melihat orang atau hewan yang tidak dikenal di wilayah mereka.

Pastikan mensosialisasikan ras anjing ini sejak usia dini untuk membantu mengembangkan sikap bersahabat karena dapat mewaspadai orang asing. 

Baca juga: 5 Ras Anjing yang Ramah, Cocok untuk Keluarga dan Anak-anak

French bulldog

Ilustrasi anjing French bulldog. Alexandru Sofronie Ilustrasi anjing French bulldog.
Mudah bergaul dan ramah, French bulldog menjadi teman ideal. Populer di kalangan penghuni apartemen, French bulldog tidak membutuhkan halaman yang luas atau ruang untuk berkeliaran.

Tentu saja, mereka akan mendapat manfaat dari satu atau dua kali berjalan-jalan setiap hari, tetapi French bulldog dikenal sebagai anjing yang tenang dan santai.

Siapa pun yang mencari anjing pendamping yang penuh kasih sayang akan menyukai kepribadian bulldog mungil yang tidak mudah marah ini. 

Baca juga: 10 Ras Anjing yang Suka Menggonggong, Apa Saja?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com