Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ras Anjing Berwajah Seram, Tertarik Memeliharanya?

Kompas.com - 17/11/2023, 08:14 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber AZ Animals

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing dikenal sebagai hewan paling setia di dunia. Anjing juga merupakan hewan peliharaan yang lucu, menggemaskan, dan menyenangkan.

Namun, ternyata ada beberapa ras anjing yang memiliki wajah seram dan tidak menari. Meski begitu, anjing berwajah seram ini bukan berarti memiliki perilaku yang buruk atau mengerikan untuk dilihat. 

Baca juga: Bisakah Kucing Memakan Makanan Anjing?

Anjing berwajah seram ini cenderung memiliki wajah yang berkerut, tidak berbulu, bertubuh gempal, atau berkaki kecil atau panjang.

Pada anjing yang lebih besar, "keburukan" ini sering kali merupakan tanda kekuatan anjing, padahal sejujurnya adalah bahaya.

Meski penampilannya tidak menarik, hal itu tidak pernah menghentikan anjing untuk menjadi setia, penuh kasih, patuh, juga menyenangkan.

Nah, dilansir dari AZ Animals, Jumat (17/11/2023), berikut daftar ras anjing berwajah seram.  

Baca juga: Penyebab Anjing Kencing Sembarangan Saat Merasa Takut dan Senang  

Bulldog

Ilustrasi anjing English bulldog.Shutterstock/Vera Reva Ilustrasi anjing English bulldog.
Keburukan wajah yang dimiliki menyebabkan Bulldog mengalami masalah kesehatan. Wajah Bulldog yang terjepit dan rahangnya yang kecil membuatnya sulit bernapas dengan baik.

Kepalanya yang besar terkadang mengharuskan anak anjing untuk dilahirkan melalui operasi caesar.

Penglihatannya sering kali buruk, tidak dapat mentoleransi cuaca panas atau ruangan panas, serta tidak tahan suhu dingin.

Karena itu, Bulldog adalah anjing yang sangat cocok di dalam ruangan karena suhunya dapat dikontrol. Anjing ini memiliki tubuh berbentuk tong, kaki pendek, serta ekor yang terkadang melengkung di punggungnya seperti babi.

Terlepas dari penampilannya dan fakta bahwa anjing ini dikembangkan untuk menjadi umpan banteng, Bulldog kini dikenal anjing yang lembut dan penyayang sambil mempertahankan sifat aslinya, yaitu keberanian dan kegigihan.

Baca juga: 8 Ras Anjing yang Tidak Cocok untuk Anak-anak, Galak dan Bisa Gigit 

Neapolitan mastiff 

Selanjutnya, ras anjing berwajah seram adalah Neapolitan mastiff. Ras anjing ini memiliki kepala sangat besar dan penuh dengan lipatan, dahi berkerut secara permanen, dan mata tampak sedih. Bahkan ada kerutan di sekitar kaki depannya.

Neapolitan mastiff yang dikembangkan di Italia sebagai anjing penjaga ini bertubuh besar dan kuat dengan tinggi bahu 66-73 sentimeter dan berat antara 45-68 kilogram. Bahkan seekor jantan yang sangat besar dapat mencapai seberat 90 kilogram.

Anjing ini memiliki punggung yang berombak, leher tebal, dan dada lebar yang ditutupi bulu lebat, tapi keras.

Neapolitan mastiff adalah anjing pelindung yang suka berada di dekat keluarganya dan merupakan anjing yang baik untuk keluarga dengan anak-anak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com