Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Ras Anjing yang Tahan Cuaca Panas, Cocok Dipelihara di Indonesia

Kompas.com - 05/10/2023, 07:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing adalah hewan peliharaan yang mudah beradaptasi, termasuk pada cuaca atau suhu panas. 

Namun, hanya ada beberapa ras anjing yang tahan hidup di iklim hangat lebih baik daripada ras lainnya. Ras anjing yang tahan cuaca panas ini cocok tinggal atau dipelihara di negara tropis, termasuk Indonesia.  

Baca juga: 7 Ras Anjing yang Suka Bermain dan Menyenangkan

Ras anjing yang tahan cuaca panas ini cenderung memiliki bulu pendek, lapisan bulu tunggal, bahkan tanpa bulu, dan biasanya berwarna lebih terang, seperti putih, coklat, atau abu-abu. 

Selain itu, ras anjing yang tahan cuaca panas ini mempunyai hidung atau moncong lebih panjang untuk memproses udara hangat, mendinginkannya pada saat dihirup.

Selain itu, telinga besar dan tegak cenderung lebih cepat mendingin dibanding anjing dengan telinga yang terkulai yang memerangkap udara hangat.

Meski toleran terhadap cuaca panas daripada yang lain, anjing-anjing ini memerlukan tindakan pencegahan keamanan dasar pada hari-hari panas untuk menghindari sengatan panas, seperti memastikannya memiliki akses ke air bersih. 

Nah, dilansir dari The Spruce Pets, Kamis (5/10/2023), berikut sejumlah ras anjing yang tahan cuaca panas.  

Baca juga: 10 Ras Anjing Warna Hitam yang Populer, Rottweiler hingga Doberman

Chihuahua 

Ilustrasi anjing Chihuahua berambut panjang.Shutterstock/Volodymyr Burdiak Ilustrasi anjing Chihuahua berambut panjang.
Chihuahua yang berukuran saku ini mudah beradaptasi dan dapat hidup di iklim yang hangat. Bulu Chihuahua yang tipis dan ukurannya yang mungil tidak memberikan banyak perlindungan terhadap hawa dingin sehingga cenderung lebih nyaman saat suhu meningkat. 

Berasal dari gurun pasir Meksiko yang panas membuat anjing Chihuahua tidak asing dengan cuaca panas. 

Australian cattle dog

Anjing dari Negeri Kangguru ini adalah ras yang aktif dan bersemangat dengan dorongan untuk bekerja meski di bawah terik matahari atau suhu hangat.

Australian cattle dog memiliki bulu ganda pendek yang membuatnya menjadi ras anjing yang tahan cuaca panas. Anjing ini relatif sejuk selama hari yang panjang dan panas saat menggembala ternak serta memberikan isolasi dan perlindungan saat suhu malam hari menurun.

Australian cattle dog juga disebut "blue heeler" dan merupakan trah yang sangat aktif dan suka mengeluarkan energi apa pun cuacanya sehingga menjadikannya ras anjing berukuran sedang yang sangat baik untuk suhu hangat.   

Baca juga: 10 Ras Anjing yang Sulit Dilatih, Husky hingga Alaskan Malamute 

Yorkshire terrier

Ilustrasi anjing Yorkshire terrier selesai mandi. Shutterstock/Kasefoto Ilustrasi anjing Yorkshire terrier selesai mandi.
Bulu halus Yorkshire terrier memiliki ukuran yang panjang, tetapi tidak masalah. Teksturnya yang tipis berarti bukan isolator yang baik untuk melawan hawa dingin.

Selain itu, mantel tunggalnya adalah rambut dan bukan bulu. Akibatnya, tidak memerangkap panas dan akan membantu ras anjing kecil ini tetap sejuk saat cuaca panas. 

Anjing yang lebih kecil biasanya dapat mengatasi panas sedikit lebih baik daripada anjing yang lebih besar.   

Baca juga: 10 Ras Anjing Besar yang Cocok untuk Keluarga, Setia dan Penyayang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com