Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Ras Anjing Paling Cerdas di Dunia, Ada German Shepherd dan Papillon

Kompas.com - 17/02/2023, 12:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Treehugger

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing dikenal sebagai salah satu hewan tercerdas di dunia selain setia. Indikator kecerdasan anjing dinilai berdasarkan kepatuhan mengikuti perintah dan mudah belajar atau dilatih. 

Kepatuhan ini meliputi duduk, diam, berlari, berenang, memberi salam, hingga tersenyum. Namun, tak dipungkuri, ada beberapa ras anjing yang paling mudah menangkap dan mengikut semua perintah dibanding ras lainnya.

Lantas, apa saja ras anjing paling cerdas

Baca juga: 7 Ras Anjing Hitam yang Populer dan Banyak Dipelihara

Stanley Coren, ahli neuropsikologi, menjawab pertanyaan tersebut dalam bukunya The Intelligence of Dogs.

Di dalamnya, Coren berteori tentang berbagai jenis kecerdasan anjing dan menggunakan satu jenis yang disebut "kecerdasan bekerja dan kepatuhan" untuk menilai serta membandingkan setiap ras.

Coren meminta 199 juri kepatuhan anjing profesional untuk menilai 110 ras anjing berdasarkan tes kerja dan kepatuhan. Konsensusnya jelas, menurutnya, tingkat kesepakatan di antara para juri sangat tinggi. 

Nah, dilansir dari Treehugger, Jumat (17/2/2023), berikut 10 ras anjing paling cerdas di dunia karena kemampuannya dalam belajar.  

Baca juga: 5 Mitos Populer tentang Anjing yang Tidak Perlu Dipercaya

Border collie

Ilustrasi anjing Border collie.Shutterstock/Ksenia Raykova Ilustrasi anjing Border collie.
Gelar anjing paling pintar dipegang oleh Border collie dengan hampir memperoleh suara bulat. Sebanyak 190 responden juri dari 199 menempatkan trah ini di peringkat 10 besar. 

Sebagai anjing penggembala, Border collie selalu mencari pekerjaan yang harus dilakukan. Pikiran mereka yang sangat aktif adalah alasan mengapa sangat penting untuk selalu menjaga anjing ini secara mental dan fisik terstimulasi.

Jika membiarkannya bosan, Border collie akan menghancurkan sejumlah perabotan rumah. Namun, ketika menggabungkan kecerdasan mereka yang tajam dengan atletis yang tinggi dan kemampuan berlatih bawaan, anjing Border collie unggul dalam semua jenis kompetisi, dari kelincahan, ketaatan, hingga bola terbang.  

Baca juga: 5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pemilik Anak Anjing

Pudel

Dikenal karena keanggunannya, Pudel adalah ras anjing paling cerdas. Pudel hadir dalam tiga ukuran, yakni standar, miniatur, dan mainan.

Setiap ukuran memiliki otak yang sama besarnya dengan ketampanannya yang terkenal. Pudel dibiakkan sebagai anjing pelacak, khususnya anjing pelacak air karena kemampuan berenangnya.

Faktanya, nama Pudel berasal dari bahasa Jerman yang berarti "mencipratkan air". Ketika menambahkan kelincahan mereka dengan kecerdasannya, Anda akan mendapatkan anjing yang suka bermain serta cepat belajar.

Sayangnya, kualitas-kualitas ini juga yang menyebabkan Pudel secara historis dipilih dan dipaksa untuk tampil dalam pertunjukan sirkus.  

Baca juga: 8 Ras Anjing yang Akrab dan Bisa Dipelihara Bersama Kucing

German shepherd 

Ilustrasi anjing German shepherd Shutterstock/Dmitry Kalinovsky Ilustrasi anjing German shepherd
German shepherd dikenal menonjol karena kepribadiannya. Anjing ini sangat setia, protektif, dan tentu saja cerdas. 

Halaman:
Sumber Treehugger
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com