Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2023, 22:07 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memelihara anjing tak hanya sekadar menjadi hewan peliharaan, tetapi juga teman bermain, terlebih bila rumah memiliki anak kecil.

Apabila Anda ingin menikmati waktu bermain dengan anak-anak dan anjing, pilih ras anjing yang suka bermain atau dikenal memiliki temperamen menyenangkan.  

Baca juga: 5 Ras Anjing yang Memiliki Jenggot, Lucu dan Menggemaskan

Ras anjing yang suka bermain memiliki banyak energi. Jika mendapat banyak latihan dan seimbang, anjing tidak akan merasa tertekan atau cemas. 

Sebaliknya, menjadi bersemangat dan ingin menyenangkan Anda. Ras anjing yang suka bermain juga biasanya terlatih baik, pandai mengingat, serta mudah bergaul dengan anjing lain dan manusia.

Nah, dikutip dari The Spruce Pets, Rabu (4/10/2023), berikut sejumlah ras anjing yang suka bermain dan menyenangkan. 

Labrador retriever

Usahakan tetap tenang jika ada anjing mendekati Anda.Shutterstock/sanjagrujic Usahakan tetap tenang jika ada anjing mendekati Anda.
Labrador retriever adalah anjing besar dan konyol yang menyukai apa pun yang berhubungan dengan permainan.

Ras anjing ini sering kali menyukai permainan mengambil dan bermain air. Labrador retriever berasal dari Newfoundland, Kanada, dikembangbiakkan dari anjing air, dan akhirnya dibawa ke Inggris untuk bekerja sebagai anjing pelacak unggas air.

Labrador retriever diakui American Kennel Club (AKC), Badan Pengasuhan Anjing Amerika Serikat, pada 1917. Dari situ, dengan cepat mencuri hati para pencinta anjing di seluruh negeri.

Labrador retriver dikenal sebagai anjing yang mudah bergaul, tidak mudah marah, dan merupakan pilihan utama untuk hewan peliharaan keluarga. 

Baca juga: 10 Ras Anjing Warna Hitam yang Populer, Rottweiler hingga Doberman 

Australian shepherd

Selanjutnya, ras anjing yang suka bermain dan menyenangkan adalah Australian shepherd atau Aussies. Ini salah satu ras anjing yang paling atletis, suka berlari, melompat, dan bermain kapan pun  mendapatkan kesempatan.

Australian shepherd sangat terampil dalam hal kelincahan dan bermain frisbee, tetapi nilai bawaan mereka terletak pada penggembalaan.

Anjing Aussie dikembangkan di Amerika Serikat oleh para peternak sebagai penggembala ternak dan pekerja pertanian.

Anjing Australian shepherd Aberukuran sedang juga hadir dalam ukuran lebih kecil-miniatur American shepherd. Bersiaplah memberikan banyak stimulasi fisik dan mental pada anjing ini. Ras anjing ini membutuhkan kehidupan yang seimbang. 

Baca juga: 10 Ras Anjing yang Setia pada Pemiliknya, Akita hingga Chihuahua

Pomeranian

Ilustarsi anjing Pomeranian tersenyum.Shutterstock/EugeneEdge Ilustarsi anjing Pomeranian tersenyum.
Trah Spitz ini merupakan keturunan dari anjing kereta luncur di Islandia dan Lapland serta masih memiliki hubungan kekerabatan  jauh dengan anjing Malamute dan Samoyed.

Ratu Victoria memiliki anjing Pomeranian pada akhir 1800-an, yang membantu ras anjing mendapatkan popularitas di Eropa dan sekitarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com